Sandiaga Uno Dapat Gelar Kudadiri dari Suku Pakpak

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 20 Februari 2021 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 20 406 2365361 sandiaga-uno-dapat-gelar-kudadiri-dari-suku-pakpak-G5sPC5wsPV.jpeg Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno diberi marga Kudadiri oleh Suku Pakpak, Diari, Sumatera Utara (Sumut).  Pemberian marga ini sebagai tanda kehoramtan dari masyarakat sekitar.

"Ini merupakan penghargaan tinggi. Saya belajar bawah suku Pakpak suku yang murah hati," katanya di Taman Wisata Iman (TWI), Dairi, Sumut. 

Sandi mengatakan, bahwasannya Dairi memiliki budaya turun menurun yang menginspirasi, salah satunya adalah penabalan marga. Dirinya menganggap, bahwa marga Kudadiri yang diberikan kepadanya sangat sakral.

"Ini merupakan hal saklar bagi adat istiadat Suku Pakpak,” terangnya.

 Sandiaga

Saat prosesi pemberian marga, pemerintah Dairi mengenakan kain khas Batak, ulos, topi bulang-bulang adat Pakpak sebagai simbolisasi ke-sahan marga yang diberikan kepada Menparekraf Sandi.

Selain itu, Sandi juga berharap bahwa pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah Kabupaten Dairi dapat bangkit kembali. Terlebih pasca covid-19, wisatawan bisa menikmati keindahan salah satu wilayah Sumut itu.

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini