Momen Menegangkan saat Pesawat 'Terjun Bebas' dari Ketinggian 20 Ribu Kaki

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 406 2366521 momen-menegangkan-saat-pesawat-terjun-bebas-dari-ketinggian-20-ribu-kaki-WWeUXcfW3k.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

AWAK kabin pesawat kerap menghabiskan sebagian besar masa kerja mereka di udara. Sehingga tak heran jika mereka sudah terlatih untuk menghadapi situasi darurat, bahkan mengerikan sekalipun.

Salah seorang awak kabin yang enggan diungkap identitasnya berbagi pengalaman mereka di forum Reddit. Ia mengungkapkan hal paling 'gila' yang pernah dialami selama penerbangan. Di mana 'kesalahan' mekanis memaksa pesawat 'terjun bebas' saat mengudara pada ketinggian 20 ribu kaki.

"Hal paling 'gila' yang pernah saya saksikan adalah kesalahan mekanis yang sebenarnya terjadi dekompresi," jelas pramugara itu seperti dikutip dari Express UK.

Baca juga: Kapten Vincent Tak Tampik Banyak Cinlok antara Pilot dan Pramugari

"Benar-benar gila dalam hal terbang yang sebenarnya. Kami kehilangan tekanan udara dan mereka harus menurunkan pesawat ke level normal di bawah 10 ribu kaki," imbuhnya.

Saat itu kata dia, cuaca mulai berkabut dan tekanan udara tiba-tiba saja berubah dari panas menjadi dingin. Namun, seperti dalam banyak kasus, situasi itu tidak mengakibatkan insiden besar atau fatal karena keterampilan pilot dalam menavigasi pesawat.

"Untungnya pilot tahu apa yang dia lakukan dan mampu menormalkan (posisi) pesawat," ujarnya.

Seorang pilot sebelumnya mengatakan kepada Express.co.uk bahwa saat depresurisasi, pilot akan melakukan latihan memori yang disebut 'penurunan' darurat.

Baca juga: Modus Pilot 'Nakal' Kencani Pramugari, Ngajak Makan hingga Bayarin Apartemen

“Ini secara efektif membuat pesawat turun dengan aman secepat mungkin tetapi seaman mungkin. Sebagai pilot, kami akan memakai masker oksigen kami sebelum melakukan apapun untuk memastikan kami berdua aman bernapas.

“Penurunan terus berlanjut hingga di bawah ketinggian 14.000 kaki di mana udaranya aman untuk dihirup," kata dia.

Keadaan dekompresi biasanya mengakibatkan masker oksigen dilepas secara otomatis dalam kabin untuk dikenakan penumpang.

Sebelumnya penumpang juga sudah diberi pengarahan tentang tata cara mengenakan masker dalam situasi darurat.

Meski kekhawatiran akan kehilangan oksigen bisa menjadi menakutkan, namun pilot tak hentinya mengingatkan penumpang agar tetap tenang dan mengikuti instruksi awak kabin.

“Saya menyarankan untuk tidak panik karena kru sudah terlatih untuk itu. Pakai masker oksigen Anda dan cobalah untuk tetap tenang,” katanya mengakhiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini