Alquran Ini Hasil Sulaman Tangan Selama 32 Tahun, Habiskan 25.000 Benang

Widi Agustian, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 406 2366899 alquran-ini-hasil-sulaman-tangan-selama-32-tahun-habiskan-25-000-benang-ipbHhH10I9.jpg Alquran hasil sulaman selama 32 tahun tersimpan di Museum Madinah, Arab Saudi (Okezone.com/Widi Agustian)

SEBAGAI Kota Suci umat Islam, Madinah punya banyak objek wisata religi. Salah satunya adalah The Holy Quran Exhibition atau Museum Alquran yang terletak di sisi selatan Masjid Nabawi. Ada banyak koleksi Alquran unik dan bersejarah di museum ini.

Salah satunya adalah Alquran yang dibuat dengan disulam tangan menggunakan 300 meter kain dan 25.000 benang. Alquran ini disulam selama 32 tahun oleh seorang perempuan asal Pakistan bernama Naskm Aftar.

Baca juga: Rahasia Pengeras Suara Madjidil Haram yang Perlu Traveler Tahu

Dia mulai membuat Alquran tersebut ketika berusia 30 tahun dan baru selesai ketika umurnya sudah 62 tahun.

"Alquran ini sendiri selesai dibuat pada 2018," kata Arya, warga Indonesia yang tinggal di Arab Saudi.

ilustrasi

Alquran disulam selama 32 tahun (Okezone.com/Widi)

Alquran tersebut dibuat dengan cara istimewa. Naskm Aftar selalu mengerjakan Alquran ini pada sepertiga malam terakhir, waktu terbaik untuk beribadah kepada Allah menurut kepercayaan Islam. Dia juga selalu berwudu sebelum mengerjakannya.

Baca juga: Deretan Masjid Objek Wisata Religi di Surabaya

Alquran yang terdiri dari 30 juz terbagi dalam tiga mushaf. Nilai Alquran ini sendiri sebut mencapai miliaran rupiah.

"Ibu ini seorang yang ikhlas, sudah ditawari untuk dibeli dengan harga miliaran rupiah, tapi dia memilih untuk diwakafkan ke museum ini secara gratis," tutur Arya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini