Kemenparekraf Gelar Modest Fashion Founders Fund 2021, Wujudkan Indonesia Kiblat Busana Muslim

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 406 2366945 kemenparekraf-gelar-modest-fashion-founders-fund-2021-wujudkan-indonesia-kiblat-busana-muslim-3OmrqX7ifp.jpg Konferensi pers gelaran Modest Fashion Founders Fund 2021

INDONESIA bertekad menjadi kiblat atau pusat modest fashion atau mode busana muslim dunia. Namun, pandemi Covid-19 berdampak pada segala sektor bisnis, termasuk modest fashion.

Kementerian Pariwisata dan EkonomiKreatif mengadakan program Modest Fashion Founders Fund 2021 (ModestFFFUND), untuk membangkitkan lagi modest fashion di Indonesia.

Baca juga:  Festival Barongsai 2021 Pertanda Pariwisata Kepulauan Riau Bangkit

Ini merupakan program yang akan memberikan pendampingan bagi brand modest fashion dalam mengembangkan bisnis, termasuk peningkatan kapasitas dan akses permodalan.

Menggandeng Franka Soeria, Co-Founder #Markamarie & Modest Fashion Weeks, program ini akan memilih 20 brand modest fashion terbaik untuk mengikuti creative workshop dengan mentor dari dalam dan luar negeri.

Selain itu para desainer atau pelaku usaha di bidang modest fashion juga berkesempatan mendapatkan permodalan melalui pitching kepada lembaga pendanaan dan investor.

 

“Kita ingin melahirkan lebih banyak brand modest fashion yang kuat secara bisnis dan finansial. Penyelenggaraan program ini akan melibatkan berbagai mentor dari fesyen, keuangan, digital marketing hingga perbankan syariah dan venture capital,” kata Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf Hanifah Makarim dalam konferensi pers online, Selasa (23/2/2021).

Ia mengatakan, ModestFFFUND diharapkan bisa membuat desainer modest fashion mendapatkan pengetahuan yang lebih baik dalam mengelola usaha kreatif. Selain itu, lebih jauh lagi, dapat mendukung terwujudnya Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia.

Baca juga:  Kenalkan Makanan Indonesia ke Orang Eropa, Chef Renata Banjir Pujian

Hal yang serupa juga dituturkan Franka Soeria. Ia mengatakan, fashion bukan hanya sekadar desain atau seni semata, melainkan juga sebagai bisnis yang mampu menggerakkan ekonomi.

“Fokus kami adalah fesyen sebagai bisnis dan penggerak ekonomi. Karena itu, kami membuka kesempatan seluas-luasnya bagi semua founder modest fashion baik yang senior, masih baru, brand online, maupun pengusaha modest fashion tanpa pandang bulu,” ucapnya di kesempatan yang sama.

Ada beberapa persyaratan dalam mengikuti program ini. Di antaranya telah memiliki perusahaan minimal satu tahun, memiliki laporan keuangan dan aspek kelegalan lain yang sudah selayaknya dimiliki sebuah bisnis.

Tahapan ModestFFFUND 2021 sendiri dimulai dengan pendaftaran secara daring mulai 23 Februari hingga 13 Maret 2021.

Selanjutnya diikuti dengan tahapan seleksi Top 100, Penjurian pemilihan Top 20, Penyelenggaraan Creative Workshop, Mentoring Pitching, Pitching, Final Fashion Show, Bazaar Online di Marketplace, dan Mentoring Pasca-Event.

Sebelumnya, pada tahun 2019, ModestFFFUND telah digelar pertama kali dan melahirkan Top 20 yang terdiri dari brand modest fashion. Di antaranya Dresssofia, Swimsweets, WGB, Monika Jufry, MeetaFauzan, Nonns, WAD Studio, HannieHananto, dan masih banyak lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini