Pramugari Boleh Nikah dan Punya Anak? Tantangannya Lebih Berat Ketimbang Lajang

Fatha Annisa, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 406 2367659 pramugari-boleh-nikah-dan-punya-anak-tantangannya-lebih-berat-ketimbang-lajang-kbJ5HcYFU6.jpg Pramugari Verawaty saat menikah. (Foto: Instagram)

BANYAK perempuan ingin menjadi pramugari. Pertanyaan yang lantas muncul di benak mereka adalah apakah seorang pramugari diperbolehkan untuk menikah dan memiliki keturunan?

Seorang pramugari bernama Vera akhirnya menjawab hal yang paling sering ditanyakan itu. Lewat video Youtube yang diunggah di awal 2019, Vera menjelaskan berdasarkan kebijakan perusahaan maskapai tempat ia bekerja.

 vera

Di maskapainya, pramugari diperbolehkan untuk menikah dan punya anak asalkan sudah memenuhi beberapa persyaratan yang ada.

Baca Juga: Pramugari Ada Tes Keperawanan? Heksa Putrie Ungkap Fakta Ini

Setelah pramugari lulus flight training, mereka akan mendapatkan sertifikat bernama FAC (Flight Attendant Certificate) yang menunjukkan bahwa mereka bisa mulai menjalankan kontrak kerja pertama. Kontrak kerja pramugari sendiri terdiri dari tiga tahap, yakni dua tahun, satu tahun, dan dua tahun.

Di dua tahun pertama, pramugari berstatus pegawai kontrak di mana mereka harus menjaga kinerja sebaik mungkin. Absensi dan sikap pun sangat dinilai dalam tahap ini. Penilaian sikap didapatkan melalui formulir yang akan diisi oleh Flight Service Manager maupun penumpang. Pramugari juga akan ditanyakan hal-hal seputar aviasi, keamanan saat terbang, servis, dan sebagainya.

Nilai tersebut akan tertera dalam sebuah buku rapor. Dalam satu tahun, Vera mengatakan pramugari tidak boleh mendapat nilai lebih rendah dari 90.

“Flight Attendant itu punya nilai rapornya, guys, sama kayak sekolah. Ada rapornya. Rapor itu adalah semacam buku dosa kita. Semua kelakuan kita, baik itu baik maupun buruk, semuanya tercatat di situ, kita ngapain aja,” jelas Vera.

Jika selama dua tahun berturut-turut pramugari tidak mendapat nilai di bawah 90, maka mereka akan diangkat menjadi pegawai tetap. Ketika menjadi pegawai tetaplah pramugari diperbolehkan menikah dan punya anak.

Pihak maskapai akan memberikan cuti selama satu tahun penuh bagi pramugari yang tengah hamil. Namun ketika kembali dari cuti, pramugari tidak bisa langsung bekerja lagi. Mereka harus menjalani training guna mengingatkan kembali hal-hal terkait pekerjaannya dan mempelajari hal baru yang mungkin saja berubah selama mereka cuti.

“Apabila kita sudah kembali dari masa cuti satu tahun itu, kita akan kembali ditraining oleh perusahaan. Jadi, benar-benar diajarkan lagi tentang safety, servis, dan semua ilmu-ilmu yang pernah kita dapat. Selain untuk kita remind kembali, juga akan diinfokan ilmu-ilmu yang sudah ter-update,” ungkapnya.

Mereka juga akan menjalani pemeriksaan kembali, mulai dari pemeriksaan berat badan, penampilan setelah melahirkan, dan kesehatan. Itulah mengapa pramugari tetap harus menjaga badannya meski telah menjadi istri dan seorang ibu.

“Jadi untuk melanjutkan kerja kita setelah melahirkan, kita akan dites kembali semuanya dari awal seperti kita pertama kali mendaftar menjadi pramugari,” kata Vera.

“FAC (Flight Attendant Certificate) kita juga akan diperbaharui karena kita udah vakum selama satu tahun. Otomatis kita harus melakukan recurrent training lagi,” lanjutnya.

Jika buruk-buruknya dalam tahap pertama nilai seorang pramugari tidak cukup untuk naik jadi pegawai tetap, maka mereka harus melanjutkan ke tahap kedua, yakni satu tahun lagi menjadi pegawai kontrak. Jika belum berhasil juga, mereka punya kesempatan terakhir di tahap ketiga, yaitu dua tahun menjadi pegawai kontrak.

Aturan dalam bekerja dan sistem penilaiannya sama seperti tahap pertama. Hanya standar nilai yang akan berubah menjadi lebih rendah beberapa poin.

Vera juga mengungkapkan kalau usia pensiun pramugari bermacam-macam sesuai maskapai tempat mereka bekerja. Ada yang memberlakukan pensiun di umur 56 tahun, 46 tahun, atau 36 tahun sesuai peraturan baru yang dikeluarkan maskapai tempat Vera bekerja.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini