Ada Replika Planet Mars di Museum Ini, Seperti Apa Sih Bentuknya?

Salsabila Jihan, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 03:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 406 2367703 ada-replika-planet-mars-di-museum-ini-seperti-apa-sih-bentuknya-HGssRIn5fO.JPG Replika Planet Mars di Museum London, Inggris (Foto: Natural History Museum)

MUSEUM Sejarah Alam atau The Natural History Museum di London, Inggris menampilkan replika planet Mars untuk menghormati Perseverance Rover NASA yang baru-baru ini menyelesaikan perjalanannya di planet merah itu.

Replika Mars selebar 7 meter yang tergantung di langit-langit Aula Hintze itu diciptakan oleh seorang seniman asal Inggris, Luke Jerram.

Selain itu, terdapat pula beberapa karya seni lainnya terkait misi NASA sebelumnya. Karya seni lainnya juga dibuat sebagai penghormatan atas pendaratan rover di Mars setelah perjalanan 7 bulan dari Bumi.

Baca juga: Terungkap Bukti Foto Permukaan Planet Mars yang Mirip Bumi!

Saat berada di sana, rover akan mencari jejak-jejak kehidupan mikroba pada masa lalu dan akan diteliti oleh para ilmuwan dari museum itu yang bekerja sama dengan NASA dan Badan Antariksa Eropa untuk memberi nasihat tentang pengumpulan sampel batuan dan tanah.

Replika Planet Mars

(Foto: Natural History Museum)

Sayangnya, replika planet Mars raksasa itu tidak dapat dilihat publik karena saat ini museum ditutup imbas aturan pembatasan pencegahan Covid-19.

Dilansir dari laman Lonely Planet, misi Perseverance Rover di Mars ialah mencari dan memilih sampel batuan dan tanah yang memungkinkan untuk merekonstruksi lingkungan permukaan Mars miliaran tahun yang lalu. Gunanya, agar kita dapat mengetahui apakah ada kehidupan di planet ini suatu waktu.

Ilmuwan museum, Prof. Caroline Smith dan Dr. Keyron Hickman Lewis yang merupakan bagian dari Tim Sains Mars NASA 2020, akan membantu membuat keputusan tentang pengambilan sampel dan analisis selama misi berlangsung.

Perseverance akan mendarat di kawah Jezero, cekungan yang mengandung beragam sedimen delta sungai kuno. Perseverance adalah kendaraan terbesar dan tercanggih yang pernah dikirim untuk mendarat di planet lain. Kendaraan itu akan mengebor 7 cm ke dalam batuan di permukaan planet, sebelum menyimpan sebuah sampel dalam tabung khusus.

Meski terdengar seperti sebuah penemuan baru yang menarik untuk ditunggu, kenyataannya, sampel-sampel itu tidak dapat diambil sampai misi selanjutnya di Mars yang baru-baru ini dijadwalkan akan berlangsung sekitar awal 2030-an.

"Perseverance rover telah dirancang secara khusus untuk mencari bukti kehidupan purba di Mars," ujar Smith.

"Kemampuannya untuk mengumpulkan sampel-sampel menarik yang nantinya akan dibawa kembali ke bumi memberi kita kesempatan untuk mengetahui, 'Apakah ada kehidupan di Mars?' dan ini akan menjadi salah satu penemuan ilmiah yang paling signifikan dalam sejarah," ujarnya menandaskan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini