Orang Terkaya India Bangun Kebun Bintang Terbesar Berisi 100 Spesies Hewan

Elvina Maharani Putri, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 05:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 406 2367753 orang-terkaya-india-bangun-kebun-bintang-terbesar-berisi-100-spesies-hewan-XlPtOWukSJ.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

KELUARGA Ambani merupakan keluarga terkaya yang begitu berpengaruh atas perusahaan paling berharga di India. Rupanya mereka juga ingin memiliki usaha baru, yakni membangun kebun binatang terbesar di dunia.

Keluarga miliarder Ambanis yang menjadi konglomerat Reliance Industri senilai $ 168 miliar itu, berencana untuk membangun kebun binatang seluas 280 hektar dan tempat perlindungan penyelamatan hewan yang disebut "Greens Zoological Rescue and Rehabilitation Kingdom" atau kerajaan Penyelamatan dan Rehabilitasi Zoologi Hijau di Jamnagar, sebuah kota di India barat.

Dilansir dari Bussiness Insider, Kamis (25/2/2021), Mukesh Ambani, pemilik dan pemegang saham mayoritas Reliance memiliki kekayaan $ 78,3 miliar, membuatnya menjadi orang terkaya ke-12 di dunia.

Baca Juga: Pramugari Ada Tes Keperawanan? Heksa Putrie Ungkap Fakta Ini

ambani

(Foto: Instagram the_nita_ambani)

"Kebun binatang itu adalah proyek hewan peliharaan dan akan dibangun di dekat kilang perusahaan di Jamnagar," kata Anant Ambani (25), putra Mukesh Ambani.

Kebun binatang Anant Ambani dijadwalkan menjadi rumah bagi hampir 100 spesies hewan. Seperti burung ataupun reptil dari India dan di seluruh dunia. Termasuk singa Afrika, kuda nil, harimau Bengal, dan komodo.

Hewan-hewan tersebut akan ditempatkan di berbagai area dengan nama seperti Frog House, Dragon's Land, Aquatic Kingdom, Indian Desert, dan Exotic Island.

Kemudian pada Januari, Reliance Industries mencapai kesepakatan untuk mendapatkan dua macan kumbang hitam langka dari Kebun Binatang Negara Bagian Assam di Guwahati. Lalu menyetujui dua pasang zebra dari Israel ke Kebun Binatang Guwahati.

Namun hal tersebut menuai kritikan para aktivis hewan dan partai politik lokal. Karena pemindahan macan kumbang dari kebun binatang Guwahati yang dikelola negara ke kebun binatang pribadi Ambanis.

"Tampaknya bahkan hewan liar yang dikurung di kebun binatang tidak dapat melarikan diri dari tentakel rumah perusahaan besar, karena perpindahan 'diam-diam' baru-baru ini dari dua macan kumbang hitam dari Kebun Binatang Negara di Guwahati, ke kebun binatang di Gujarat yang didirikan oleh Kelompok kepercayaan Ambanis telah membuktikan," ujar Bobbeeta Sharma selaku pemimpin Komite Kongres Assam Pradesh.

Tak hanya itu, sekira 100 aktivis hewan juga turut serta berkumpul di depan kebun binatang Guwahati untuk memprotes pemindahan macan kumbang.

Hingga sampai saat ini belum jelas apakah Reliance membeli 280 hektar di Jamnagar untuk bertujuan mengembangkan kebun binatang ataukah perusahaan tersebut sudah memiliki tanah di lahan itu. Seorang juru bicara Reliance tidak segera menanggapi permintaan komentar pihak media untuk cerita ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini