Tau Kua He Chi, Kuliner Legendaris Berusia Setengah Abad Khas Binjai

Zainal Tanjung, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 301 2368016 tau-kua-he-chi-kuliner-legendaris-berusia-setengah-abad-khas-binjai-qoChDY0tpV.JPG Tau Kua He Chi khas Binjai, Sumut (Foto: Instagram/@fennyfennychandra)

MASAYARAKAT Kota Binjai, khususnya di kawasan Brahrang, Kecamatan Binjai Barat, tentu tak asing dengan makanan Tau Kua He Chi.

Ya, kuliner berusia setengah abad ini merupakan makanan kegemaran warga Kota Binjai, khususnya etnis Tionghoa. Warung Kuliner Tau Kua He Chi di Jalan Anggur, Brahrang, Kecamatan Binjai Barat sudah berdiri 50 tahun silam.

Sang pemilik warung, Opo menjelaskan, Tau Kua He Chi terdiri dari campuran berbagai rempah-rempah dan sayuran, di antaranya kangkung, tauge, udang goreng hingga kerupuk udang.

Baca juga: Kuliner Wajib saat Perayaan Cap Go Meh, Lontong hingga Onde-Onde

Makanan ini semakin nikmati dicicipi bersama tahu kuning, cabai giling dan saus tomat. Adapun penyajian Tau Kua Hi Chi sendiri yakni kangkung dan tauge direbus bersamaan. Setelah matang, kangkung dan tauge ditaruh di wadah piring.

Selanjutnya, potongan tahu kuning dan udang besar turut disajikan dalam piring. Keseluruhan makanan itu disirami saus tomat dan kerupuk udang sebagai pelengkap selera makan.

Para penikmat kuliner Tau Kua Hi Chi berasal dari lintas Generasi, mulai orangtua, dewasa hingga anak-anak.

"Tau Kua Hi Chi ini paling nikmat dimakan buat sarapan pagi," ujar seorang penikmat Tau Kua Hi Chi, Steven.

Warung Tau Kua Hi Chi milik Opo di Binjai Barat ini buka setiap hari. Bahkan pada Sabtu-Minggu maupun hari libur nasional pemilik warung harus menyediakan Tau Kua Hi Chi hingga 200an porsi karena saking ramainya pengunjung.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini