Aman dari Erupsi Merapi, Objek Wisata Ketep Pass Kembali Dibuka

Antara, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 406 2367958 aman-dari-erupsi-merapi-objek-wisata-ketep-pass-kembali-dibuka-gm9tZCmSw9.JPG Objek wisata Ketep Pass di Magelang, Jawa Tengah (Foto: Instagram/@ketep_pass_magelang)

OBJEK wisata Ketep Pass di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, kembali dibuka pada 26 Februari 2021 besok. Pembukaan kembali objek wisata ini setelah ada rekomendasi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) perihal perubahan ancaman erupsi Gunung Merapi.

Direktur Badan Pengelola Objek Wisata Ketep Pass, Mul Budi Santoso mengatakan, Ketep Pass Magelang ditutup sejak Senin 9 November 2020 lalu.

Penutupan tersebut berdasarkan Surat Edaran Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang sebagaimana rekomendasi dari Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) dan BPPTKG Yogyakarta terkait meningkatnya status aktivitas Gunung Merapi.

Baca juga: Mau Jadi Pilot? Captain Vincent Raditya Ungkap Syaratnya

Ketep Pass Kembali Dibuka

(Foto: Instagram/@ketep_pass_magelang)

Mengingat berbagai pertimbangan, salah satunya dari hasil laporan aktivitas Gunung Merapi pada pertengahan bulan Januari bahwa rekomendasi dan kesimpulan dari BPPTKG ancaman bahaya Merapi ada perubahan tidak lagi ke Sungai Pabelan.

"Kemudian kami mengajukan surat permohonan buka kembali," kata dia.

Selain itu, lanjut Budi, Ketep Pass juga menerima surat dari Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang tertanggal 23 Februari 2021 nomor: 556/114/19/2021 perihal pembukaan kembali Ketep Pass. Salah satu poin menerangkan Ketep Pass aman dikunjungi dan dibuka kembali mulai Jumat, 26 Februari 2021 besok.

Menurut dia, pembukaan kembali Ketep Pass tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Adapun jam operasionalnya yakni mulai pukul 08.00 hingga pukul 15.00 WIB menyesuaikan Surat Edaran Gubernur Jateng terkait perpanjangan pelaksaan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa Tengah.

Sementara, Kabag Pemasaran dan Promosi Ketep Pass, Edward Alfian mengatakan, harga tiket masuk dari Senin sampai Sabtu sebesar Rp10.500. Sedangkan untuk Minggu dan hari libur nasional tiket masuk Rp12.500.

Pembukaan objek wisata ini nantinya akan dievaluasi berdasarkan perkembangan kebijakan PPKM yang dikeluarkan pemerintah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini