Menyusuri Jalan Surya Kencana, Pecinan Tersohor di Bogor

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 549 2368494 menyusuri-jalan-surya-kencana-pecinan-tersohor-di-bogor-rzoNjJ6uMf.jpg Salah satu pedagang di Jalan Surya Kencana. (Foto: Instagram kinghafizm)

JALAN Surya Kencana Bogor jadi salah satu kawasan pecinan tersohor di Kota Bogor. Mumpung masih suasana Cap Go Meh, wisatawan wajib mampir ke kawasan ini.

Setiap perayaan Cap Go Meh, hampir semua warga Bogor berkumpul di sini. Namun karena suasana masih pandemi, bakal tak ada keramaian di sana.

Baca Juga: 5 Destinasi Perayaan Cap Go Meh di Indonesia

surken

(Instagram @dhiss.me)

Meski begitu, Anda masih bisa menyusuri jalan yang tak pernah tidur ini. Jalan raya yang ada sejak zaman dulu dan menjadi pusat perdagangan di Kota Hujan.

Di sepanjang jalan tersebut, nuansa pecinan sangatlah khas. Berjejer toko-toko elektronik hingga pakaian, juga sederet restoran yang menjajakan Chinese food.

Bukan itu saja, ada satu poin pusat berburu jajanan khas Bogor, yakni di Gang Aut. Ada banyak jajanan kaki lima yang bisa Anda cicipi dari mulai soto kuning khas Bogor, es podeng, martabak manis yang diolah menggunakan arang, doclang, asinan jagung bakar, bakso dan sebagainya.

Saat makan, Anda bisa menikmati nuansa bangunana rumah-rumah Tionghoa yang berdiri megah. Dahulu ada tiga rumah besar paling terkenal di jalan utama milik keluarga keturunan peranakan Tionghoa.

surken

(Foto: Instagram kinghafizm)

Jika menyusuri kawasan perkampungan jalan ini, ada banyak rumah-rumah warga Tionghoa totok. Etnis totok disebutkan bahwa masih membawa unsur budaya dan bahasa dari tanah leluhurnya.

Anda tentunya bisa berburu banyak foto di sana, sambil mejeng cantik mengisi waktu akhir pekan. Bagaimana, tertarik untuk jalan-jalan ke kawasan ini?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini