Air Terjun Niagara Berhenti Mengalir, Duh Ada Apa?

Fatha Annisa, Jurnalis · Sabtu 27 Februari 2021 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 406 2369101 air-terjun-niagara-berhenti-mengalir-duh-ada-apa-5FKLnRYdqu.jpg Air Terjun Niagara membeku. (Foto: ibtimes)

PADA Februari 2021, suhu di seluruh Amerika Utara tercatat sangat rendah. Hal ini menyebabkan sebagian Air Terjun Niagara berhenti mengalir akibat membeku.

Air Terjun Niagara berada di kedua sisi perbatasan Amerika Serikat dan Kanada. Formasi es tebal menyelimuti air terjun paling ikonik ini selama akhir pekan.

Dilansir dari IBT, suhu turun mencapai -18 derajat celcius di Niagara, New York State, pekan lalu. Fenomena ini menarik banyak perhatian masyarakat. Orang berbondong-bondong mengunjungi Niagara untuk menyaksikan es yang telah terbentuk di puncak air terjun itu selama akhir pekan.

 niagara

Meskipun jumlah es menutupi air terjun, air tidak berhenti mengalir sepenuhnya. Volume dan kekuatan air terlalu besar untuk membeku, bahkan pada suhu yang sangat rendah sekalipun.

Air Terjun Niagara hanya pernah berhenti mengalir sekali dalam sejarah. Kejadian itu dikarenakan es dari Danau Eerie menyumbat muara sungai pada 1960-an. Namun, ledakan es baja dipasang di hulu untuk mencegahnya terjadi lagi.

Menurut manajemen Air Terjun Niagara, es terbentuk pada air terjun setiap tahun, tetapi pembukan akan meluas saat periode suhu dingin terjadi berkelanjutan. Bongkahan es tebal terlihat mengambang di air, seperti awan uap dan pelangi yang terlihat sepanjang hari. Pengunjung disuguhi pemandangan yang luar biasa ketika pelangi muncul di atas air terjun megah itu.

Kawah es terlihat mengapung di atas air di dasar air terjun, sedangkan pepohonan dan semak di sekitarnya tertutup salju dan es. Dengan tertutupnya sebagian Niagara dengan es, pemandangan di sana menjelma menjadi seperti sebuah negeri ajaib musim dingin yang biasanya hanya ada di dongeng.

Terakhir kali Air Terjun Niagara tertutup lapisan salju serupa terjadi pada Maret 2017, ketika salju setinggi 22 inch turun, lalu menelan air terjun dan sekitarnya dalam es tebal. Selain itu, Danau Erie dan Danau Ontario yang berlokasi tidak begitu jauh dari Niagara juga dihiasi es. 86 persen Menurut National Weather Service, Danau Erie yang menakjubkan tertutup es.

Salju di bagian timur laut Amerika Serikat menciptakan kekacauan perjalanan di negara bagian New York pada akhir pekan. New York State Thruway dan banyak jalan raya lain yang terkena salju lebat. Penyebabnya, penundaan perjalanan terjadi.

Cuaca yang tergolong ekstrem ini adalah akibat dari badai dahsyat kedua, yang mulai melanda Amerika pada Rabu lalu dan menimbun lebih dari 10 inci salju di timur laut. Itu terjadi beberapa jam setelah Badai Uri melewati AS dan menyelimuti negara itu dengan salju paling banyak sejak pencatatan dimulai 18 tahun yang lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini