Pramugari Jangan Takut Bongkar Perilaku "Nakal" Pilot

Fatha Annisa, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 28 406 2369829 pramugari-jangan-takut-bongkar-perilaku-nakal-pilot-j0a7ZcV5nS.jpg Mantan pramugari Evrin. (Foto: Instagram yolevrin)

BENAR atau tidak jika pramugari harus ‘tidur’ dengan pilot agar mendapat jadwal terbang? Pertanyaan itu paling sering didapatkan Evrin, sang mantan pramugari.

Evrin, lewat saluran YouTube pribadinya, mengaku sangat terkejut. Pasalnya sebelum bergabung dengan maskapai penerbangan, ia tidak pernah mendengar hal tersebut.

Selama menjadi pramugari pun, Evrin tidak pernah menjumpai keadaan yang mengharuskan pramugari ‘tidur’ dengan pilot.

Baca Juga: Benarkah Jadi Pramugari Harus Cantik dan Mau Tidur dengan Pilot?

 pramugari

“Itu benar-benar salah banget. Aku gak tau di airlines lain, atau rumornya datang dari mana, aku gak ngerti sama sekali,” ujarnya.

Evrin mengatakan, jumlah pramugari sangatlah banyak. Untuk satu pramugari terbang bersama teman pramugari lain yang sudah ia kenal adalah hal yang hampir tidak pernah terjadi.

Apalagi untuk mereka mendapat jadwal terbang bersama pilot yang sama secara terus-menerus.

Evrin juga menegaskan bahwa seorang pramugari sudah dibekali oleh kiat-kiat dalam menghadapi tindakan pelecehan seksual.

“Nah, kalau yang benar-benar kayak gitu (digangguin), cewek jangan takut. Kamu harus bisa tegas, harus bisa buka ke umum, jangan di-keep sendiri. Karena pasti banyak yang dukung kamu,” katanya.

Selain itu, pilot biasanya mendapat training untuk satu jenis pesawat saja. Sementara pramugari melakukan training untuk dua hingga lima jenis pesawat. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini