Wisata Cepogo Cheese Park Segera Dibangun, Target Rampung Tahun Depan

Antara, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 406 2369946 wisata-cepogo-cheese-park-segera-dibangun-target-rampung-tahun-depan-HjjU14gVOa.JPG Lokasi proyek tempat wisata Cepogo Cheese Park di Boyolali (Foto: Antara)

PENGERJAAN lahan parkir pada destinasi wisata Cepogo Cheese Park di Desa Genting , Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali kini telah mencapai 70 persen.

Direktur Utama PT Aneka Karya Boyolali Perseroda, Eko Suryanto mengungkapkan, pihaknya merupakan penyedia lahan atau Cut and Fill baik untuk lahan utama wisata Cepogo Cheese Park berikut lahan parkirnya.

"Kami mulai pengerjaan menyiapkan lahan sejak pertengahan Februari 2021 hingga saat ini mencapai 3,6 hektare. Kami tahap pertama menyiapkan lahan seluas 3,6 hektare, termasuk lahan untuk parkir yang akan dikelola seluas 9.000 meter persegi kini sudah mencapai sekitar 70 persen," kata Eko.

Pembangunan lahan parkir dengan luas areal sekitar 9.000 meter persegi tersebut untuk kapasitas 200 mobil dan 15 bus besar dengan akses masuk yang memadahi. "Kami targetkan lahan parkir akhir Maret sudah rampung," katanya.

Baca juga: Targetkan 5,6 Juta Wisatawan, Padang Benahi Tempat Wisata

Pembangunan objek wisata Cepogo Cheese Park di Boyolali kata dia, pelaksanaannya nanti akan dihandle langsung oleh PT Cisarua Mountain Dairy (Cimory), yang diperkirakan mulai masuk pada awal April mendatang.

Sementara, Manajer PT Cimory Indonesia, Agus Purwoko Jati berujar, rencana pembangunan objek wisata Cepogo Cheese Park akan dimulai setelah pekerjaan area parkir rampung.

"Kami mungkin akhir April 2021 mulai masuk pengerjaan proyek dan ditargetkan selesai satu tahun ke depan," ucap Agus.

Agus menjelaskan lokasi objek wisata Cepogo Cheese Park di Desa Genting Kecamatan Cepogo, dengan total luas lahan 7 hektare ini dikerjakan bekerja sama dengan pemerintah desa setempat dan PT Aneka Karya Boyolali (Perseroda).

Proyek akan dilaksanakan secara bertahap. Proyek tahap pertama dikerjakan lahan seluas sekitar 1,6 hektare dengan anggaran Rp7 miliar.

Posisi objek wisata di kawasan jalur wisata Boyolali-Cepogo-Selo atas di atasnya Irung Petruk Desa Genting Cepogo, dengan lahan yang berbukit, tetapi pembangunan tanpa merusak lingkungan yang ada.

"Kami memahami aspek-aspek hidrologi, dan drainase yang ada di desa setempat," kata Agus.

Setelah pembangunan lahan parkir, dan kedua bangunan tiketing, gedung lobi, dan swiss house merupakan area semacam restoran luasnya sekitar 600 meter persegi untuk para pengunjung bisa menikmati hidangan khusus Cimory berbasis pada protein, Misalnya, susu, telor dan daging sesuai ikon Boyolali sapi perah.

Selain itu, pembangunan gedung cheese house seperti ruangan dapur untuk mengolah keju. Semua mamahami bahwa Boyolali sentral susu, kemudian dengan harapan pembuatan keju ini, menghasilkan kualitas baik dari bahan baku susu yang baik.

Pada Cepogo Cheese Park nanti juga dibangun areal khusus untuk ternak sapi yang ditebar di suatu lahan berrumput, dan lainnya taman-taman untuk kawasan swafoto.

Jembatan gantung juga akan menghiasi di atas jurang untuk sensasi atau daya tarik pengunjung. Dengan dibangunnya Cepogo Cheese Park itu, diharapkan ikon Boyolali akan semakin meningkat dan dikenal di seluruh Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini