Pengalaman Unik Pramugari, Lerai Orang Berkelahi hingga Tangani Penumpang Kejang-Kejang

Elvina Maharani Putri, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 406 2369956 pengalaman-unik-pramugari-lerai-orang-berkelahi-hingga-tangani-penumpang-kejang-kejang-alV0GJXjBU.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MENJADI seorang pramugari mungkin menjadi dambaan banyak orang. Namun nyatanya, pramugari melakukan tugasnya tidak hanya sekadar melayani penumpang atau mengantar makanan dan minuman di atas pesawat.

Mereka juga turut melakukan berbagai aktivitas lainnya, mulai dari menginformasikan hal penting hingga memastikan keamanan sekaligus keselamatan seluruh orang di dalam pesawat.

Bahkan, sejumlah kru kabin harus menghadapi peristiwa maupun tugasnya di luar dari deskripsi pekerjaan mereka saat mengudara.

Berikut pengalaman menegangkan para pramugari selama bekerja di salah satu maskapai penerbangan Indonesia sebagaimana dirangkum Okezone dari channel YouTube Verawati, Senin (1/3/2021).

Penumpang mabuk

Pada saat proses masuk pesawat (boarding), setiap awak kabin akan melakukan pengamatan terhadap penumpang yang mencurigai, termasuk jika ada penumpang terlihat seperti mabuk atau tercium aroma minuman alkohol.

Baca juga: Pramugari Terbang Bawa Tuyul, Uang Poundsterling Rekannya pun Raib

Pramugari bernama Vera menceritakan pengalamannya saat penerbangan dari Jakarta ke Singapura. Ia bertemu seorang penumpang yang sedang mabuk dan bertingkah aneh saat pesawat di udara.

"Jadi pas udah duduk dan pesawat sudah take off, di tengah perjalanan tiba-tiba dia sikapnya aneh, selonjoran sana-sini sampe dia nangis terus jambakin dirinya sendiri," kata Vera.

Ia pun menambahkan, ada juga penumpang yang pernah mabuk sampai rela menghamburkan uangnya demi terus memesan sekaleng bir, sehingga kru kabin harus berusaha untuk menghentikannya, anehnya penumpang tersebut malah memamerkan bokongnya kala itu.

"Dia minum banyak banget sampe ngompol basah gitu, terus dengan santainya dia buka celana, jadi cuman pake kolor aja. Ya udah bokongnya ke mana-mana terus sambil tidur angkat kaki," kenang Vera menceritakan pengalaman uniknya.

Pramugari

(Foto: airplane-pictures)

Kotoran berserakan di toilet

Salah satu peristiwa menjijikkan yang pasti pernah dialami seorang kru kabin adalah kala menemukan pup alias kotoran manusia dalam kabin pesawat. Entah itu pup yang tidak di flush atau yang berserakan di lantai.

Seperti diceritakan rekan kerja Vera yang juga seorang pramugari bernama Evrin. Saat itu ia sedang mengecek keadaan toilet sehabis lepas landas, lalu malah mendapatkan sebuah kejutan dengan pup penumpang yang tidak dibuang di tempat yang tersedia.

"Gila syok banget sih begitu buka toilet, terus pup berantakan di mana-mana. Kayaknya dia udah enggak tahan buru-buru terus baru lanjut ke closet duduk. Udahannya mungkin dia enggak enak akhirnya dilap pakai tisu pup yang di lantai, tapi tetap aja masih berbekas," terang Evrin.

Baca juga: Cerita Sepasang Kekasih Nonton di Bioskop Angker, Jam 2 Pagi Baru Bisa Keluar!

Lansia meninggal dunia

Pramugari Vera mengami hal ini saat penerbangan haji, dari Kota Jeddah menuju Jakarta. Tepat setelah landing, terdapat beberapa penumpang heboh, membuat kru kabin mencari tahu penyebab hal tersebut dan ternyata ditemukannya penumpang yang sudah lanjut usia meninggal dunia.

"Pas landing ada bapak-bapak udah tua gitu meninggal, aku syok sih karena penumpang lain heboh, akhirnya kita cabin crew cari tahu ternyata penumpang itu udah meninggal gitu," imbuhnya.

Menurut penuturannya, penumpang lansia ini memang sudah diketahui memiliki riwayat penyakit jantung kata saudara dan orang terdekatnya. Kuat diduga, penumpang tersebut mengalami serangan jantung sesaat sebelum landing.

Melerai penumpang berkelahi

Meski pada umumnya kondisi tersebut tidak menimbulkan masalah yang signifikan, namun menurut pengalaman pramugari Evrin, kejadian itu membuat seluruh individu yang ada di kabin menjadi panik.

Saat penerbangan menuju Kanada, ada seorang pelajar dari India dengan paniknya mengatakan bahwa ia kehilangan uang. Kemudian ia berkata dengan sangat tegas bahwa hilangnya uang tersebut merupakan ulah penumpang yang duduk di sebelahnya.

Pelajar tersebut meminta pramugari untuk menggeledah isi tas penumpang, namun tetap saja karena tidak ada bukti yang kuat, pramugari hanya bisa menolak karena itu hak privasi seseorang.

Baca juga: Tes Pramugari Wajib Lepas Busana? Ini Lho Faktanya

Tidak puas dengan jawaban sang pramugari, pelajar itu kembali ke tempat duduknya dan sengaja memencet tombol hold light untuk memanggil kru kabin lainnya. Ia pun menjelaskan bahwa uangnya hilang diambil oleh penumpang di sebelahnya. Ulahnya itu berhasil memicu amarah penumpang lain itu karena merasa difitnah.

Pramugari

(Foto: Reuters)

"Saking marahnya penumpang itu nanya memang uang yang hilang berapa, dan tahu enggak ternyata uangnya 5 dolar sekitar Rp50 ribuan gitu. Terus si bule ini pas denger langsung makin emosi dan langsung keluarin uang 20 dollar dilempar ke pelajar itu," kata Evrin seraya tertawa.

Menolong penumpang kejang-kejang

Menurut pengalaman Evrin, meski masing-masing kru memiliki pelatihan penanganan situasi darurat medis, namun menghadapi langsung peristiwa itu sangat berbeda dengan apa yang dihadapi saat latihan dan menjadi pengalaman yang menegangkan yang pernah ia rasakan.

Baca juga: Kapten Vincent Raditya Berbagi Akun Instagram Pramugari, Tertarik DM?

Singkat cerita, ketika dirinya dan kru lainnya berada di pantry pada jam kosong, tiba-tiba ada satu penumpang menyatakan bahwa ada penumpang yang sepertinya sedang sakit.

"Ya udah kita ramai-ramai ngeliat kenapa gitu. Pas dilihat ternyata si penumpang yang itu lagi kejang-kejang parah. Akhirnya kita cari dokter di pesawat terus ambilin oksigen dan segalam macem. Kebetulan dibantu ada dua dokter, katanya setelah dicek gapapa paling cuman kecapekan. Pas penumpang itu udah enggak kejang, mulai bangun dan bisa bernapas dengan normal," ujarnya menandaskan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini