Ini Jet Paling Laris di Dunia

Natalia Christine, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 406 2370053 ini-jet-paling-laris-di-dunia-6bNENtHyzX.jpg Jet seri Phenom 300 (Travel Daily News)

PESAWAT seri Phenom 300 dari Embraer telah menjadi jet ringan terlaris di dunia selama sembilan tahun berturut-turut. Hal itu berdasarkan angka dirilis Asosiasi Produsen Penerbangan Umum atau General Aviation Manufacturers Association (GAMA).

Embraer mengirimkan 50 jet ringan seri Phenom 300 pada 2020, serta menjadikannya jet ringan yang paling banyak dikirim di tahun tersebut.

Baca juga: Ternyata Pesawat Tak Pernah Melintasi Kutub Utara dan Selatan, Kenapa?

Ini adalah tahun kesembilan berturut-turut di mana seri Phenom 300 telah mencapai tonggak sejarah, dan telah memperoleh lebih dari 590 pengiriman sejak memasuki pasar pada Desember 2009.

Pada 2020, seri Phenom 300 juga merupakan model jet yang paling banyak dikirim dari semua twinjet di pasar.

“Keberhasilan berkelanjutan dari seri Phenom 300, sebagai jet ringan terlaris di dunia, merupakan cerminan dari komitmen kami yang berdedikasi untuk memberikan pengalaman pelanggan terbaik dalam penerbangan bisnis,” kata Michael Amalfitano, Presiden & CEO Embraer Executive Jets seperti dilansir dari Travel Daily News, Senin (1/3/2021).

“Di Embraer, kami selalu meningkatkan produk unggulan pasar kami. Kami terus mencari kemajuan dalam kinerja, kenyamanan, dan teknologi. Phenom 300E tidak hanya menawarkan kemampuan canggih, tetapi juga memberikan kombinasi kinerja, teknologi, dan ergonomi yang paling canggih dari semua jet bisnis ringan di industri.”

Baca juga: Momen Menegangkan saat Pesawat 'Terjun Bebas' dari Ketinggian 20 Ribu Kaki

Awalnya diluncurkan pada 2005, seri Phenom 300 telah beroperasi di lebih dari 30 negara dan telah mengakumulasikan lebih dari satu juta jam terbang.

Embraer terus berinvestasi dalam daya saing Phenom 300E dengan peningkatan pada kenyamanan, teknologi, kinerja, dan efisiensi operasionalnya yang menghasilkan nilai residu tertinggi di pasar.

Pada Januari 2020, Embraer mengumumkan Phenom 300E yang baru dan disempurnakan, diikuti dengan persetujuan ANAC, EASA dan FAA pada bulan Maret, mencapai sertifikasi tiga kali lipat. Pengiriman pertama Phenom 300E baru dan yang disempurnakan terjadi pada Juni 2020.

Dengan teknologi tak tertandingi, kenyamanan luar biasa, dan kinerja menakjubkan, Phenom 300E menetapkan standar keunggulan tertinggi dalam kategori jet ringan.

Dalam hal kinerja, Phenom 300E baru yang ditingkatkan bahkan lebih cepat, mampu mencapai Mach 0.80, menjadi jet pilot tunggal tercepat dalam produksi, dan mampu memberikan jelajah kecepatan tinggi 464 knot, dan jarak tempuh lima penumpang. 2.010 mil laut (3.724 km) dengan cadangan NBAA IFR.

Peningkatan teknologi tambahan termasuk peningkatan peralatan elektronik penerbangan, yang menampilkan runway overrun awareness and alerting system (ROAAS) - teknologi pertama dari jenisnya yang akan dikembangkan dan disertifikasi dalam penerbangan bisnis - serta kaca depan prediksi, mode turun darurat, PERF, TOLD, dan FAA Datacom, antara lain. Phenom 300E juga dilengkapi konektivitas 4G melalui Gogo AVANCE L5.

Fitur baru yang meningkatkan kenyamanan pada jet ini termasuk kabin yang lebih tenang, ruang lebih banyak untuk kaki di kokpit, dan opsi interior premium baru - edisi Bossa Nova.

Dinamakan untuk gaya musik jazz Brasil, dan Portugis untuk "tren baru," edisi Bossa Nova opsional mencakup paket pengembangan interior terbaru Embraer, dengan fitur seperti aksen serat karbon dan gaya jahitan Ipanema eksklusif Embraer. Fitur baru ini juga merupakan yang pertama dari seri Phenom 300 yang menampilkan permukaan hitam piano.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini