Visa Turis UEA Diperpanjang Gratis, Berlaku Hingga 31 Maret

Natalia Christine, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 406 2370332 visa-turis-uea-diperpanjang-gratis-berlaku-hingga-31-maret-lNwR0dCG80.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

VISA kunjungan turis ke Dubai diperpanjang otomatis hingga 31 Maret 2021. Bagaimana penjelasan selengkapnya?

Sumber Direktorat Jenderal Kependudukan dan Urusan Luar Negeri (GDRFA) mengatakan, bagi pemegang visa kunjungan dan turis yang telah habis masa berlakunya selama satu bulan dan tiga bulan akan diperpanjang otomatis.

Selain itu, agen perjalanan mengonfirmasi kepada Khaleej Times bahwa masa berlaku visa Dubai yang mereka ajukan atas nama klien mereka telah diperpanjang secara otomatis hingga 31 Maret. Beberapa wisatawan, setelah memeriksa status e-visa mereka secara online, juga mengonfirmasi kepada Khaleej Times bahwa visa mereka telah diperpanjang secara otomatis.

Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, selaku Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA dan Penguasa Dubai, pada 27 Desember 2020 mengumumkan perpanjangan visa satu bulan gratis untuk semua wisatawan. Itu terjadi ketika beberapa negara, terutama di Eropa, memberlakukan lockdown dan pembatasan pada pergerakan dan perjalanan udara, karena virus Covid-19 baru yang lebih menular. Misi diplomatik India dan Pakistan di UEA juga telah mengkonfirmasi laporan tersebut.

“Kementerian mendapat kehormatan untuk menyampaikan keputusan Pemerintah Uni Emirat Arab untuk memperpanjang validitas orang asing yang datang ke UEA, dengan visa turis dan yang visa dan izin masuknya telah habis sebelum 28 Desember 2020. Visa mereka akan berlaku mulai saat ini hingga 31 Maret 2021, tanpa biaya apapun," dikutip dari surat edaran yang diterima Kedutaan Besar India, salinan yang telah dilihat Khaleej Times.

Baca Juga: Sandiaga Uno Ungkap Fakta Kondisi Pariwisata Indonesia yang Memprihatinkan

Kedutaan Besar Pakistan di Abu Dhabi juga mengeluarkan siaran pers yang menyatakan bahwa legalitas semua visa kunjungan atau izin masuk, yang dikeluarkan sebelum 28 Desember telah diperpanjang hingga 31 Maret.

 visa

Inas Iqbal, agen Deira Travels menekankan bahwa fasilitas tersebut tampaknya hanya diperpanjang untuk pemegang visa Dubai untuk saat ini.

"Denda melebihi batas waktu yang diakumulasi wisatawan juga telah dibebaskan untuk pemegang visa kunjungan yang visanya diterbitkan di Dubai, " dikutip Okezone dari Khaleej Times, Selasa (2/3/2021).

Mathew John, Direktur Pelaksana, Sandset Travels berkata, “Fasilitas tampaknya tidak tersedia untuk visa yang dikeluarkan oleh Sharjah dan Abu Dhabi. Banyak yang mendengar tentang overstay ini dan akhirnya membayar denda. Kami sangat menyarankan penumpang untuk memeriksa sistem online sebelum memutuskan untuk tinggal atau merencanakan perjalanan pulang.”

Khaleej Times telah menghubungi Otoritas Federal untuk Identitas dan Kewarganegaraan (ICA) untuk klarifikasi. Namun, tanggapan masih ditunggu.

Seorang penumpang India, yang visanya kedaluwarsa pada 25 Februari, mengatakan kepada Khaleej Times tanpa menyebut nama, “Suamiku, anakku, dan aku seharusnya pergi pada 23 Februari. Kami datang ke sini untuk mengunjungi ayahku. Sayangnya, dia mengidap Covid-19 dan karenanya, kami jelas tidak bisa bepergian sekarang. Saat kami memeriksa dengan agen perjalanan, itu menunjukkan bahwa visa kami secara otomatis telah diperbarui di sistem.”

Ravi Agarwal, penumpang India lainnya, berkata, “Saya seharusnya melakukan perjalanan minggu lalu, dan visa saya kedaluwarsa pada 3 Maret. Namun, saya memeriksa dengan agen perjalanan saya dan tanggal visa kunjungan saya telah diperpanjang hingga 31 Maret."

Saya datang ke sini untuk bertemu kerabat saya karena bibi saya tidak sehat. Saya berencana untuk tinggal lebih lama. Berita itu datang sebagai kejutan yang menyenangkan dan sangat bermanfaat bagi keluarga saya," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini