Indonesia Tak Bisa Tingkatkan Wisatawan Mancanegara di 2021

Antara, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 406 2371031 indonesia-tak-bisa-tingkatkan-wisatawan-mancanegara-di-2021-OYlkSrFLll.jpg Dua wisatawan mancanegara berjalan di Pantai Kuta, Bali (Antara)

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan Indonesia masih belum bisa membuka jalur penerbangan internasional dalam rangka meningkatkan wisatawan mancanegara pada 2021.

"Indonesia tidak bisa membuka dengan komunitas internasional. Sekarang ada travel bubble yang merupakan persetujuan bilateral,” katanya dalam acara MNC Group Investor Forum 2021 di Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Baca juga:  Fakta Menarik Candi Gedong Songo, Saksi Bisu Hanoman Kubur Hidup-Hidup Dasamuka

Airlangga menuturkan pembukaan jalur internasional saat ini bersifat terbatas yaitu hanya untuk orang-orang dengan tujuan tertentu maupun perjalanan esensial.

Sementara dalam rangka mendorong sektor pariwisata maka pemerintah mengandalkan wisatawan domestik dengan tetap mematuhi protokol kesehatan agar penyebaran COVID-19 dapat dikendalikan.

 ilustrasi

Oleh sebab itu, Airlangga mengatakan pemerintah sedang menyiapkan paket kebijakan untuk sektor pariwisata seiring dengan program vaksinasi untuk mencapai herd immunity.

"Wisatawan domestik menjadi PR dan kita berharap program vaksinasi bisa mencapai herd immunity di pertengahan tahun dengan 70 juta orang divaksin. Itu akan menjadi game changer juga di sektor pariwisata,” katanya.

Baca juga:  Turis Asing ke Kepri Hanya 260 Orang Selama Januari, Turun 52 Persen

Tak hanya itu, ia menyebutkan saat ini pemerintah juga sedang menyiapkan kebijakan sebagai dukungan lebih lanjut terhadap hotel, restoran dan kafe.

"Kita sedang mengerjakannya. Kita akan membuat solusi agar operasionalisasi di sektor itu tidak terlalu rumit. Saat ini sedang ditinjau pemerintah,” ujarnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini