Share

Apes Banget, 4 Kasus Pilot Diserang Kucing saat Terbangkan Pesawat

Fatha Annisa, Jurnalis · Rabu 03 Maret 2021 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 406 2371342 apes-banget-4-kasus-pilot-diserang-kucing-saat-terbangkan-pesawat-6fisYIvCIr.jpg ilustrasi (stutterstock)

KUCING termasuk hewan peliharaan yang menggemaskan. Tapi, siapa sangka jika ia bisa jadi ‘pembajak’ pesawat?

Baru-baru ini, pilot maskapai Sudanese Tarco diserang kucing saat menerbangkan pesawat itu dari Sudan ke Doha, Qatar. Akibat serangan si meong, pesawat terpaksa kembali ke bandara asal dan mendarat darurat. Ini bukan kali pertama pilot diserang kucing.

Baca juga:  Kisah Pramugari Digoda Pilot, Diajak Ngamar di Hotel

Dikumpulkan dari beberapa sumber, berikut kasus-kasus pilot diserang kucing dalam penerbangan :

1. Sudanese Tarco

Pesawat Sudanese Tarco harus mendarat darurat dengan kembali ke Bandara Khartoum, Sudan setelah lepas landas menuju ke Doha. Penyebabnya karena sang pilot diserang oleh kucing dalam penerbangan, Rabu 24 Februari 2021.

Media lokal Al-Sudani seperti dilansir Russia Today melaporkan, pesawat sudah mengudara selama lebih setengah jam. Lalu ada kucing terlihat di dalam kabin pilot.

Kucing itu bertindak agresif dan menyerang kru pesawat. Semua upaya untuk menahan ‘pembajak’ berbulu itu gagal sehingga pilot memutuskan untuk memutar balik pesawat dan kembali Khartoum.

Hewan berbulu itu jelas bukan penggemar berat terbang karena ia bertindak agresif dan menyerang kru. Rupanya, setelah semua upaya untuk menahan pembajak berbulu gagal, pilot membuat keputusan untuk membalikkan pesawat dan kembali ke ibu kota Sudan.

Al-Sudani yang menyelidiki insiden itu memperoleh informasi bahwa pesawat tersebut telah bermalam di sebuah hanggar di bandara Khartoum sebelum penerbangan. Sumber mereka menduga kucing itu kemungkinan menyelinap ke pesawat selama pembersihan atau tinjauan teknik dan bersembunyi di dalam kabin untuk mengejutkan pilot nanti.

2. Pesawat Kargo Saudi

Pada Oktober 2013, pesawat kargo Saudi rute penerbangan Riyadh-Hong Kong gagal terbang karena mendapat penumpang tak diundang dalam ruang kokpit. Media lokal melaporkan, penumpang berupa kucing itu bersembunyi di bawah kursi pilot. Ia baru keluar ketika mesin pesawat dinyalakan.

Karena kaget dengan suara mesin pesawat dan merasa terancam, kucing tersebut bertingkah agresif. Ia melompat dari tempat persembunyiannya ke arah pilot. Akibatnya pilot mendapat beberapa luka goresan. Setelah penyerangan, kucing itu kabur dan tidak pernah ditemukan lagi oleh staf maupun pihak keamanan.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

3. Pesawat Belgia

Sebuah pesawat Belgia dengan 58 penumpang melakukan pendaratan darurat setelah seekor kucing masuk ke kokpit dan mencakar kopilot. Kejadian ini terjadi di tahun 2004, ketika pesawat tengah terbang dari Brussel menuju Vienna.

Ada beberapa spekulasi terkait keberadaan kucing tersebut. Ia diduga melarikan diri dari tas transportasi penerbangan resminya saat pemiliknya tidur. Namun, pemilik kucing beranggapan bukan tidak mungkin jika anak kecil di kursi sebelahnya lah yang membukakan jalan untuk kucing bernama Gin itu.

Gin diyakini menyelinap masuk ke ruang kokpit ketika pintu kokpit terbuka karena seorang pramugari tengah mengantarkan makanan untuk pilot dan kopilot. Mereka mencoba menangkap dan mengamankan kucing, namun ia terlanjur merasa terancam yang mengakibatkan ia mulai bertingkah agresif.

Seorang kopilot mendapat cakaran pada lengan. Oleh karenanya, pilot memutuskan untuk memutar balik pesawat dan kembali mendarat di Brussel. Sebenarnya, kucing diperbolehkan berada dalam kabin selama ia berada di tas yang aman.

ilustrasi

Sciot, pemilik kucing, harus menjalankan pemeriksaan serta menjawab beberapa pertanyaan sesaat pesawat mendarat. Namun nasib kucingnya baik-baik saja, tidak mendapat hukuman apapun.

4. Biman Bangladesh Airlines

Pada tahun yang sama, 2004, seorang pilot asal Bangladesh mengalami hal serupa. Dalam penerbangan dari kota timur laut Sylhet ke ibu kota Bangladesh, Dhaka, ia diserang oleh seekor kucing yang tiba-tiba muncul di ruang kokpit.

Meskipun tidak terluka parah, pilot asal Bangladesh itu tetap harus mendapatkan pertolongan pertama karena cakaran kucing di beberapa bagian tubuhnya. Penerbangan pun tetap dilanjutkan.

Setibanya di Bandara Internasional Zia Dhaka, kucing itu melarikan diri dari staf keamanan yang berusaha menangkapnya. Tetapi akhirnya berhasil ditangkap dua jam kemudian di bandara tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini