Pramugari Ini Ungkap Penumpang Paling Tidak Disukai, dari Negara Mana?

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 06:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 406 2371828 pramugari-ini-ungkap-penumpang-paling-tidak-disukai-dari-negara-mana-M4OGtXtTwq.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

SAAT bekerja, pramugari tentunya menghadapi banyak penumpang. Apalagi jika pramugari tersebut bekerja di maskapai Internasional, tentunya orang di suatu negara memiliki karakter yang berbeda-beda.

Tiana Rabasco, mantan pramugari mengungkapkan pengalamannya menghadapi penumpang yang tidak ramah bahkan menjengkelkan. Hal ini ia ungkapkan dalam situs tanya jawab Quora pada 15 Februari 2021.

Tiana dulunya bekerja sebagai pramugari maskapai Timur Tengah yang memiliki rute penerbangan yang sangat banyak. Hal ini membuat Tiana sudah berpengalaman dan cukup paham mana saja negara dengan penumpang yang kurang sopan.

Lebih lanjut, Tiana membeberkan sederet kelakukan penumpang dari berbagai negara yang pernah ia temui. Berikut ulasannya, ditulis Kamis (4/3/2021).

Baca Juga: Hati-Hati Dekati Pramugari, Nekat Macam-Macam Berurusan Polisi

Penumpang dari India, Pakistan, Bangladesh dan sekitarnya

 penumpang

Menurut Tiana, penumpang dari negara-negara tersebut sudah dikenal oleh seluruh awak kabin sebagai penumpang yang memiliki etika kurang baik. Bahkan banyak dari awak kabin yang langsung badmood jika dapat rute penerbangan ke negara-negara tersebut. Tidak sedikit dari teman Tiana yang melayangkan surat keterangan sakit ke kantor setiap kali mendapat rute penerbangan itu.

“Duh maaf ya, ini ungkapan jujur, nggak ada maksud menghina. Penumpang dari negara Pakistan, India dan sekitarnya adalah penumpang yang paling tidak disukai awak kabin, attitude mereka buruk sekali. Mereka memperlakukan pramugari seenaknya. Hampir setiap 5 menit mereka akan memanggil pramugari dan minta minum, padahal sebenarnya mereka nggak haus, tapi karna mereka tahu kalau itu gratis jadi mereka gak akan berhenti minta sampai landing. Ini adalah keserakahan yang sangat memalukan,” kata Tiana.

Menurut Tiana, penumpang-penumpang itu akan menjadi sangat sombong jika memiliki paspor Inggris atau Non India/Pakistan. Mereka sering memamerkan paspornya ke awak kabin dan meminta untuk diperlakukan lebih.

“Kami awak kabin memang harus memperlakukan penumpang dengan baik apapun kewarganegaraan sang penumpang. Jadi sorry ya, passport Inggris mu itu nggak ngaruh buat kami. Terus pernah juga ada penumpang Pakistan yang nanya gini ke temen ku ‘permisi, toilet khusus untuk pemegang paspor inggris dimana ya?’ sambil nunjukin passport nya. Temanku langsung nahan tawa dan bilang ‘maaf apapun kewarganegaraan mu, toiletnya tetap sama’. Sekali lagi, saya tidak bermaksud rasis, tapi faktanya memang begitu,” ungkap Tiana.

Penumpang Arab

Jika penumpang Pakistan, India dikenal jorok oleh awak kabin, maka lain halnya dengan penumpang Arab. Menurut Tiana, penumpang Arab dikenal dengan sifat sombongnya. Tidak sedikit dari mereka yang meminta pramugari untuk menuruti kemauan mereka.

“Paling susah nyuruh mereka pake seatbelt, menegakkan kursi, melipat meja apalagi membuka jendela saat menjelang take off. Mereka bebal dan nggak mau nurut padahal itu semua demi keselamatan mereka sendiri. Kalo sudah begitu aku cuma senyumin aja kemudian lapor ke supervisor. Jadi aku gak perlu berantem dengan mereka, gak mau ambil pusing,” kata Tiana

“Mereka nggak semuanya begitu ya.. banyak juga penumpang dari negara-negara Arab yang tertib, baik dan sangat menghargai awak kabin.”

Penumpang Indonesia

Meski Tiana Rabasco adalah pramugari asli Indonesia, namun ia sangat menyayangkan perilaku beberapa penumpangnya. Menurut Tiana, ada beberapa penumpang Indonesia yang terkadang menjengkelkan.

Namun anehnya, teman-teman pramugari Tiana yang berasal dari luar negeri justru sangat suka jika dapat penerbangan ke Jakarta dan sekitarnya. Itu karena ada beberapa penumpang Indonesia yang hanya ramah dan sopan kepada pramugari luar saja. Namun jika berhadapan dengan pramugari lokal, mereka bersikap judes.

“Penumpang Indonesia pada hormat dan patuh banget sama pramugari-pramugari bule, bahkan sekedar minta minum pun nggak berani alias malu-malu kucing. Tapi kalo ke pramugari Indonesia. Hmm langsung keluar jiwa songongnya. Pernah waktu baru landing ada ibu-ibu yang nyamperin aku, karena dia tau kalo aku orang Indo, dia dateng dengan wajah masam dan nyuruh aku dengan nada ketus ‘itu dibelakang ada yang butuh kursi roda, bawakan!’."

"Aku langsung what? Serius ini orang ngomong gini, aku cuma senyumin aja, nggak jawab apa-apa. Dan satu hal membawakan kursi roda untuk penumpang yang sakit itu bukan tugas pramugari. Maskapai kami sudah punya petugasnya sendiri. Jadi senyumin aja, anyepin aja,” kata Tiana

Di balik hal itu, menurut Tiana, penumpang Indonesia adalah penumpang yang bersih jika di pesawat dan menghadapi penumpang Indonesia lebih mudah dibanding menghadapi orang-orang dari negara lain.

“Penumpang Indonesia itu bersih loh di dalam pesawat. Bahkan bisa dibilang mereka salah satu penumpang yang paling bersih,” ungkapnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini