Australia Mulai Buka Penerbangan Secara Bertahap

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Jum'at 05 Maret 2021 02:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 406 2372297 australia-mulai-buka-penerbangan-secara-bertahap-BGbBxfLq18.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

OPERATOR bandara Australia menyerukan pembukaan kembali perbatasan internasional secara bertahap. Tentu hal ini bisa menghidupkan sektor penerbangan dan pariwisata setelah dilanda pandemi.

James Goodwin, Kepala Eksekutif Asosiasi Bandara Australia, mengatakan penerbangan internasional akan dibuka pada Oktober.

Dilansir dari 9news, Goodwin juga menyebut bahwa berita itu disambut baik, tetapi ia meminta Pemerintah Federal untuk memberikan sederet syarat lain untuk membantu sektor penerbangan.

Baca Juga: Terbang ke 70 Rute Domestik Ini Gratis Rapid Antigen, Begini Syaratnya

"Kami ingin melihat pembukaan perbatasan kembali secara bertahap untuk membangun kembali kepercayaan diri masyarakat yang ingin bepergian. Dan kami ingin orang-orang pergi naik pesawat," ucapnya.

 pesawat

Goodwin mengatakan, bandara di Australia telah kehilangan sekira $ 320 juta atau Rp4,5 miliar setiap bulan karena pandemi. Sekira 25 persen tenaga kerja telah kehilangan pekerjaan mereka dalam 12 bulan terakhir.

Meskipun demikian, bandara internasional tetap terbuka untuk orang Australia yang kembali dan untuk menangani kargo-kargo.

Goodwin juga mengatakan sekarang adalah waktu bagi Pemerintah Federal untuk merilis rincian tentang pembukaan kembali perbatasan internasional dan potensi gelembung perjalanan.

“Kami tahu bahwa perjalanan internasional sangat diperlukan untuk mendapatkan sektor ini dan mengembalikan perekonomian,” katanya.

"Kami tahu bahwa sebelum Covid-19, perjalanan internasional menyuntikkan sekira USD60 miliar atau Rp857 triliun, dengan 9 juta penumpang. Jadi kami benar-benar membutuhkan perjalanan internasional itu kembali."

Peluncuran vaksinasi Australia dijadwalkan selesai pada Oktober. Menurut Goodwin ITU adalah waktu yang realistis untuk membuka perjalanan internasional.

"Kami ingin menjaga agar Covid-19 tetap terkendali, tetapi mari kita mulai melihat rencananya," terangnya.

Qantas mengatakan penerbangan internasional akan dimulai kembali pada 21 Oktober, empat bulan lebih lambat dari tanggal dimulainya kembali, yang direncanakan pada Juli.

"Perubahan tanggal tersebut sejalan dengan jangka waktu yang diharapkan agar peluncuran vaksin Covid-19 Australia selesai secara efektif," kata Qantas dalam sebuah pernyataan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini