Iseng Sorot Sinar Laser ke Pesawat, Pria Ini Hadapi Hukuman Serius

Elvina Maharani Putri, Jurnalis · Jum'at 05 Maret 2021 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 406 2372345 iseng-sorot-sinar-laser-ke-pesawat-pria-ini-hadapi-hukuman-serius-NOKq45k5iU.jpg Laser (Telegraph)

AKSI iseng pria ini nyaris berbuah hukuman penjara. Brian John Loven dituduh menyinari petunjuk laser saat pendaratan pesawat di Montana, Amerika Serikat. Dia mengaku tak tahu kalau ulahnya itu melanggar undang-undang.

Melansir Fox News, Jumat (5/3/2021), John Loven menghadapi hukuman penjara dengan masa percobaan selama beberapa tahun. Dia sebelumnya pernah menghadapi lebih dari satu tahun penjara.

Baca juga:  Apes Banget, 4 Kasus Pilot Diserang Kucing saat Terbangkan Pesawat

Brian John Loven mengaku bersalah atas insiden mengarahkan laser ke kokpit penerbangan pesawat SkyWest Airlines saat mendekati Bandara Internasional Great Falls di Montana.

Walaupun dalam pembelaannya, Loven menyebut dirinya tidak mengetahui apabila menembakkan sinar laser ke arah pesawat adalah sebuah pelanggaran hukum yang sangat serius. Dia hanya melakukan tindakan itu atas dasar keisengan belaka.

 

Laser dilaporkan mengenai kaca kokpit secara langsung, menyebabkannya sinar lampu yang sangat mengganggu. Untungnya, pesawat kemudian mendarat dengan selamat dan tidak ada korban luka yang dilaporkan.

Loven telah menghadapi kemungkinan hukuman hingga lima tahun penjara serta denda sebesar USD250.000 atau sekitar Rp3,5 miliar. Tak hanya itu saja, ia juga mendapat tiga tahun pembebasan dengan pengawasan.

Baca juga:  Amsterdam Jadi Kota Tersehat di Dunia, Jakarta Peringkat 17

"Tingkah laku tuan Loven mengancam keselamatan penumpang dan awak pesawat komersial," kata Jaksa Leif Johnson di pengadilan.

"Penting bagi publik untuk memahami bahwa mengarahkan laser apa pun, bahkan yang kecil, ke kokpit pesawat dapat mengaburkan pandangan pilot dan membahayakan keselamatan pengoperasian pesawat. Untungnya, insiden di Bandara Internasional Great Falls tidak mengakibatkan apa pun termasuk cedera. Kantor ini menganggap kasus seperti itu sebagai masalah serius yang membutuhkan penuntutan agresif," lanjutnya.

Maka dari itu, telah dinyatakan bahwa laser yang diarahkan ke pesawat dapat menganggu visibilitas pilot dan bahkan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini