Australia Perpanjang Pembatasan Wisatawan Asing hingga Juni 2021

Fatha Annisa, Jurnalis · Jum'at 05 Maret 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 406 2372444 australia-perpanjang-pembatasan-wisatawan-asing-hingga-juni-2021-I3ynCSXaSS.jpg Kota Perth, Australia (australia.com)

AUSTRALIA tetap menutup pembatasan international. Pemerintah federal memperpanjang larangan perjalanan luar negeri hingga pertengahan Juni 2021, karena masih mewabahnya COVID-19.

Menteri Kesehatan Federal Greg Hunt mengungkapkan periode darurat biosekuriti manusia telah diperpanjang dengan tambahan tiga bulan dari 17 Maret hingga 17 Juni 2021, untuk meminimalisasi risiko dari wabah COVID di negara lain.

Baca juga:  Wah, India Tertarik Syuting Film di Objek Wisata Sumut

Larangan perjalanan ke luar negeri pertama kali diberlakukan pada 17 Maret 2020 di bawah Biosecurity Act 2015, ketika pandemi COVID-19 dimulai di seluruh dunia.

Itu ditetapkan sampai Desember 2021, tetapi diperpanjang lagi selama tiga bulan. Sekarang, larangan perjalanan ke luar negeri kembali diperpanjang.

"Komite Utama Perlindungan Kesehatan Australia telah memberitahu Pemerintah Australia bahwa situasi COVID-19 di luar negeri terus menimbulkan risiko kesehatan masyarakat yang tidak dapat diterima ke Australia, termasuk munculnya varian yang lebih mudah menular," kata Hunt, seperti dilansir dari The West Australian, Kamis (4/3/2021).

 

"Perpanjangan masa darurat selama tiga bulan berikutnya adalah tentang mengurangi risiko bagi kesehatan dan keselamatan semua orang,” lanjutnya.

 Baca juga: Arkeolog Temukan Lukisan Kanguru Diduga Berusia 17.300 Tahun!

Kekuasaan darurat dapat dicabut ketika Mr Hunt merasa itu pantas, tetapi sampai saat itu, warga Australia tidak akan dapat meninggalkan negaranya kecuali mereka mendapat pengecualian.

Kedatangan internasional ke Australia juga akan terus dibatasi dan akan menjalani pengujian pra-keberangkatan dan masker wajib pada penerbangan. Pembatasan perdagangan di gerai ritel di bandara akan terus berlanjut, sementara kapal pesiar masih tidak diizinkan beroperasi di Australia.

Namun, pemerintah federal mengakui sedang mencari ‘kerangka’ yang akan memungkinkan kapal kembali liburan ke negara tersebut. Minggu lalu, Qantas menetapkan Oktober sebagai rencana restart untuk layanan internasional.

(sal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini