Kunjungi Lokananta, Gibran dan Wishnutama Kemungkinan Dirikan Sandbox di Solo

MNC Portal, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 20:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 406 2372536 kunjungi-lokananta-gibran-dan-wishnutama-kemungkinan-dirikan-sandbox-di-solo-z2V24O9aV4.jpg Gibran Rakabuming dan Wishnutama di Studio Lokananta, Solo (MPI/Prabu Revolusi)

WALI Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengajak mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio untuk membicarakan masa depan Studio Lokananta Solo.

Mengaku belum ada rencana pasti, namun Gibran mengemukakan alasannya mengajak Wishnutama ke studio rekaman tertua Indonesia itu.

Baca juga:  Eksotisme Sewu, Candi Buddha Terbesar Kedua di Indonesia Setelah Borobudur

"Belum ada rencana apa-apa ini. Baru mau lihat, makanya saya bawa senior kita pak Wishnutama biar melihat potensi di Kota Solo itu seperti apa, beliau kan ahlinya" kata Gibran, Kamis (4/3/2021).

Namun Gibran menegaskan bahwa ia ingin segera membangun ruang ruang publik kreatif untuk anak muda Solo. Lokananta dinilainya tepat karena memiliki narasi yang kuat sebagai pusat budaya pada zamannya, dan hanya perlu melakukan upgrade agar sesuai dengan zaman kekinian.

 

Sementara itu, Wishnutama, yang juga merupakan komisaris utama Telkomsel saat ini, mengaku ia diajak Gibran untuk melihat potensi yang bisa dibangun di kota Solo, khususnya dibidang digital dan ekonomi kreatif.

 Baca juga: 72 Tempat Usaha Wisata di Jakarta Langgar PPKM Mikro, 25 Langsung Ditutup

"Saya diundang mas Gibran, untuk melihat salah satu potensi ke depan yang bisa dibangun di Kota Solo. Dan saya melihat, ini (Lokananta) kan bisa menjadi ruang baru buat generasi muda di Indonesia, menutur saya cocok sekali dijadikan Sandbox" ujar Mas Tama, sapaan akrab Wishnutama.

Ia mencontohkan, salah satunya adalah untuk pusat ajang adu inovasi kreativitas yang bisa dikembangkan di Kota Solo. Bisa juga menjadi tempat pertemuan investor dan lainnya.

Menurut Wishnu, ada beberapa potensi yang bisa diimplementasikan di studio musik yang dibangun 29 Oktober 1956 itu.

Selain dimanfaatkan sebagai sandbox, creatif hub, atau pusat UMKM kreatif, ruang-ruang yang ada juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan kreatif lainnya. Wishnu mengaku baru pertama kali mengunjungi Lokananta, sehingga akan mempelajari terlebih dulu.

Sandbox adalah sebuah pusat inkubasi yang melahirkan startup-startup baru. Biasanya diisi oleh anak anak muda yang berbakat, memiliki gagasan, pekerja keras dari berbagai latar belakang, baik teknologi, desain, bisnis dan pemasaran.

Di Indonesia, istilah Sandbox sendiri mulai popular saat drama Korea serial berjudul “Startup” viral.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini