Ini Tempat Terbaik Mengamati Paus

Natalia Christine, Jurnalis · Minggu 07 Maret 2021 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 05 406 2373114 ini-tempat-terbaik-mengamati-paus-JI6B3pdCrS.jpg Tenerife rumah bagi paus pilot sirip pendek (INDEPENDENT/Francis Perez)

BANYAK manusia memperlakukan lautan sebagai tempat sampah. Sedangkan, banyak popularitas skema yang dirancang untuk melindungi penghuninya dan semakin meningkat, baik Taman Laut Nasional seperti Plymouth Sound di Inggris, atau Program Kelautan Warisan Dunia UNESCO, yang memberikan perlindungan untuk area seperti Shark Bay di Australia Barat.

Skema Situs Warisan Paus adalah contoh terbaru. Didirikan pada tahun 2015 oleh World Cetacean Alliance, tujuannya adalah untuk mengidentifikasi habitat cetacean (paus, lumba-lumba dan porpoise) yang terkenal, melindungi spesies ini dengan meningkatkan kesadaran, mendorong keterlibatan masyarakat, serta mempromosikan pengamatan paus dan lumba-lumba yang bertanggung jawab sebagai alternatif etis untuk melihat paus di penangkaran.

Baca juga: Kenali Beda Scuba Diving, Snorkeling dan Liveaboard

Dua penerima pertama skema ini adalah The Bluff dari Afrika Selatan, sebuah area di lepas pantai Durban, dan Hervey Bay Australia, tempat persinggahan penting bagi paus yang bermigrasi.

Pada Januari 2021, diumumkan bahwa Situs Warisan Paus pertama di Eropa adalah wilayah Laut Tenerife-La Gomera, di lepas pantai Tenerife

Lalu, apa yang menjadi daya tarik Kepulauan Canary?

Ternyata paus menuju ke sana untuk alasan yang sama seperti turis yang kelaparan matahari. Terdapat sinar matahari sepanjang tahun dan hangat, air jernih serta di beberapa daerah laut memiliki kedalaman 2.000 meter, yang memungkinkan paus berpesta dengan berbagai spesies, mulai dari plankton hingga cumi-cumi.

Kedalaman yang luar biasa ini juga memberikan perlindungan dari arus dingin yang menyapu Atlantik - bonus besar bagi makhluk yang tidak bisa begitu saja melompat ke tanah kering dan menjatuhkan diri ke kursi berjemur. Daerah ini memiliki 28 spesies paus. Paus pilot bersirip pendek merupakan spesies yang paling menarik dilihat oleh sebagian besar pengunjung.

“Tenerife memiliki salah satu dari sedikit populasi paus pilot sirip pendek yang menetap di dunia,” kata Katheryn Wise, Manajer kampanye satwa liar di World Animal Protection, yang bermitra dengan World Cetacean Alliance untuk meluncurkan skema Situs Warisan Paus, seperti dilansir dari INDEPENDENT, Sabtu (6/3/2021).

Paus pilot yang terdapat di Tenerife memiliki perilaku berburu yang unik yang belum pernah diamati di tempat lain. Salah satu contohnya adalah penyelaman paus yang dalam dan berkecepatan tinggi untuk mengejar serta menangkap cumi-cumi.

Baca juga: Intip Keunikan 3 Cagar Biosfer Baru Indonesia yang Ditetapkan UNESCO

Dengan menyoroti area seperti Area Laut Tenerife-La Gomera, diharapkan lebih banyak orang akan memahami pentingnya makhluk ini.

“Paus adalah indikator bagus dari kesehatan ekosistem,” kata Jacobo Marrero, pakar cetacea yang tinggal di Tenerife.

Paus merupakan hewan yang waspada terhadap ketidakseimbangan, dan memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan. Tanpa predator puncak ini, keseimbangan alam akan mudah terganggu.

Situs Warisan Paus Afrika Selatan yang dikenal sebagai The Bluff adalah contoh baik yang telah menjadi lingkaran penuh. Pada awal 1900-an, tempat ini adalah rumah bagi operasi perburuan paus di darat terbesar di dunia. Setiap tahun, awak kapal Perusahaan Perburuan Paus Afrika Selatan di Durban mencegat sekitar 100 ikan paus antara bulan Maret dan September. Gambar hitam putih menunjukkan bangkai besar sedang diangkut di sepanjang rel kereta api yang dibangun khusus.

Seabad kemudian, pada tahun 2019, The Bluff menjadi Situs Warisan Paus pertama di dunia. Saat ini, Festival Penyambutan Paus tahunan, bersama dengan jalan-jalan berpemandu dan tur ke bekas stasiun perburuan paus, memungkinkan penduduk setempat untuk mempelajari lebih lanjut tentang paus.

Hanya dua operasi pengamatan paus yang dipantau secara ketat, yang dapat beroperasi dan yang membawa pada manfaat lain dari Situs Warisan Paus. Untuk memenuhi syarat, hakim memerlukan bukti bahwa ada mekanisme untuk melindungi kesejahteraan paus dan untuk mengurangi ancaman.

“Di Tenerife, misalnya, kelompok pemangku kepentingan berkomitmen untuk mengurangi jumlah operator pengamatan paus ilegal dan mendorong wisatawan untuk menggunakan operator yang bertanggung jawab dan berkelanjutan,” kata Elizabeth Cuevas, manajer Situs Warisan Paus di World Cetacean Alliance.

ilustrasi

Sementara itu, di Situs Warisan Paus Dana Point California, panel mengidentifikasi polusi plastik sebagai ancaman utama, jadi ada fokus pada inisiatif yang mengurangi polusi plastik.

Pada saat ada tekanan yang semakin besar pada organisasi seperti SeaWorld untuk meninggalkan acara yang menampilkan paus, Situs Warisan Paus tidak hanya menyoroti area tempat makhluk ini dapat dilihat di alam liar, tetapi juga memastikan bahwa ada tindakan untuk melindungi mereka.

Dengan meningkatkan keunggulannya, Wise berharap dapat mengurangi permintaan untuk melihat makhluk-makhluk tersebut di dalam tangki, dan membawa pihaknya lebih dekat pada misi yang ada untuk menjadikan generasi terakhir paus di penangkaran.

Kepala eksekutif World Cetacean Alliance mengatakan bahwa spesies paus rentan terhadap kritis dan kepunahan akan segera terjadi.

“Status banyak spesies paus rentan terhadap kritis. Kepunahan akan segera terjadi bagi sebagian orang, dan situs Warisan Paus adalah alat penting yang memungkinkan kami memprioritaskan perlindungan mereka di tempat mereka bergantung.”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini