Nikmati Pesona Flora Kebun Gowa, Destinasi Alternatif Liburan Keluarga

Natalia Christine, Jurnalis · Jum'at 05 Maret 2021 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 05 408 2372773 nikmati-pesona-flora-kebun-gowa-destinasi-alternatif-liburan-keluarga-OWrewH7ILz.JPG Taman Wisata Kebun Gowa di Sulawesi Selatan (Foto: Instagram/@ijhe.tiara)

KABUPATEN Gowa, Sulawesi Selatan menyimpan sejumlah objek wisata yang sangat direkomendasikan untuk berlibur bersama keluarga. Salah satunya ialah Taman Wisata Kebun Gowa yang terletak di Jalan Poros Malino, Bontomanai, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Kebun Gowa merupakan salah satu destinasi favorit masyarakat lokal di Kabupaten Gowa. Tempat ini bukan sekedar kebun biasa yang ditumbuhi bunga bunga atau buah buahan saja, namun di tempat ini pengunjung bisa melakukan banyak kegiatan menyenangkan bersama keluarga maupun teman.

Dikelilingi pepohonan membuat udara di tempat ini kian sejuk dan asri. Selain itu, pengelola juga menanami pohon rambutan, durian, mangga, dan jeruk yang semakin mempercantik destinasi ini.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Camping di Inggris untuk Liburan Musim Panas

Kebun yang telah dikelola sejak tahun 2008 ini turut menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati wisatawan, seperti kolam renang, mushola, tempat parkir, kolam pemancingan, saung, ATV, toilet, dan masih banyak lagi.

Kolam renang yang disediakan pengelola terbagi menjadi dua, yaitu untuk orang dewasa dan anak anak. Kolam untuk dewasa memiliki kedalaman sekitar 160 centimeter, panjang 25 meter, serta lebar 10 meter. Sedangkan bagi anak anak memiliki kedalaman yang lebih dangkal dari kolam renang orang dewasa.

Taman Wisata Kebun Gowa

(Foto: Instagram/@fettyfaisal)

Bagi yang hobi memancing, di sini juga disediakan dua kolam pemancingan dengan luas sekitar 4x4 meter. Jika tak membawa alat pancing, pengelola menyediakan alat pancing untuk disewa oleh wisatawan. Sambil memancing, Anda bisa duduk santai di gazebo yang tersedia yang mengelilingi kolam pemancingan.

Baca juga: Viral Kampung Mati di Ponorogo, Ditinggal Penduduk Hanya Masjid yang Tersisa

Setelah asik melakukan kegiatan memancing, wisatawan bisa membawa hasil pancingannya pulang dengan membayar tarif antara Rp30-40 ribu untuk setiap kilo ikan. Selain dibawa pulang, wisatawan juga dapat langsung menikmati hasil pancingan yang dimasak di tempat dengan biaya tambahan Rp5.000 saja.

Bagi anak anak, selain fasilitas kolam renang, ada pula fasilitas lain yang bisa dinikmati berupa wahana permainan. Untuk bermain di wahana, dibutuhkan koin sebagai alat pembayaran. Koin tersebut terlebih dahulu ditukarkan sebelum digunakan untuk bermain. Harga satu koinnya cukup terjangkau, yaitu Rp1.000.

Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 Wita. Untuk memasukinya, Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp15.000 saat weekday dan Rp25.000 saat weekend maupun hari libur.

Bagi pengunjung yang berasal dari luar daerah tak perlu khawatir, di sekitar wisata ini turut disediakan tempat penginapan yang dapat disewa untuk bermalam. Tarif yang ditawarkan pun bervariasi, yakni antara Rp250-500 ribu per malam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini