Besok, Selandia Baru Cabut Lockdown di Auckland

Antara, Jurnalis · Sabtu 06 Maret 2021 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 06 406 2373284 besok-selandia-baru-cabut-lockdown-di-auckland-9gMfpe25AC.JPG PM Selandia Baru, Jacinda Ardern (Foto: Reuters/Hannibal Hanschke)

PERDANA Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern menyatakan bahwa pemerintahnya akan mengakhiri karantina wilayah atau lockdown di kota terbesar Auckland pada Minggu, 7 Maret 2021 besok menyusul hanya ditemukannya satu kasus virus corona alias Covid-19.

Ardern memberlakukan lockdown di kota berpenduduk dua juta itu pada Sabtu, 27 Februari 2021 lalu, sebagai respons 'ketat dan dini' pemerintah yang dilakukan selama krisis pandemi Covid-19.

Dua kasus lagi yang ditularkan secara lokal dilaporkan menyusul pemberlakuan tersebut, tetapi tidak ada kasus baru yang dilaporkan dalam lima hari terakhir.

Baca juga: Judi di Bandara, Perempuan Ini Menang Rp4,3 Miliar

“Kita mungkin tidak berada dalam posisi yang menghancurkan seperti yang dialami sebagian besar dunia, tetapi strategi eliminasi dapat terasa seperti kerja keras dan rasa lelah sangatlah wajar," kata Ardern dalam konferensi pers, Jumat kemarin.

"Covid-19 adalah kerja keras untuk semua orang. Terima kasih telah berjuang sekali lagi," imbuhnya.

Pendekatan Ardern telah disebut sebagai alasan Selandia Baru menjadi salah satu negara paling sukses di dunia dalam mengendalikan penyebaran virus corona, namun penutupan terbaru telah dikritik oleh beberapa orang di media sosial karena beberapa acara olahraga dan budaya harus dibatalkan.

Ardern menjelaskan, Auckland akan bergerak ke level waspada dua setelah karantina wilayah berakhir pada pukul 6 pagi, Minggu waktu setempat, turun dari level siaga 3 yang mengharuskan orang untuk tetap berada di dalam gelembung rumah tangga mereka saat tidak di tempat kerja atau sekolah.

Wilayah negara lainnya akan beralih ke siaga tingkat satu, yakni level terendah. Sebelumnya, Selandia Baru telah melaporkan lebih dari 2.000 kasus Covid-19 dan 26 kematian sejak awal pandemi.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini