Masuk Bandara Tanpa Surat Perjalanan Bisa Didenda Rp4 Juta

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Senin 08 Maret 2021 02:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 07 406 2373850 masuk-bandara-tanpa-surat-perjalanan-bisa-didenda-rp4-juta-t5hrgY8Uqt.jpg Bandara Heathrow di London, Inggris (internationalairportpreview.com)

PEMERINTAH Inggris menyatakan bahwa wisatawan yang muncul di bandara tanpa dilengkapi formulir perjalanan akan dikenakan denda sebesar £200 atau sekitar Rp4 juta. 

The Guardian melaporkan, mulai Senin, siapa pun yang akan pergi ke luar negeri dari Inggris harus melengkapi dan membawa deklarasi dokumen perjalanan yang dapat diperoleh dari situs web pemerintah. Formulir tersebut dapat dicetak atau disimpan di ponsel.

Baca juga:  5 Tempat Wisata Camping di Inggris untuk Liburan Musim Panas

Di bawah aturan penguncian virus corona saat ini, siapa pun yang ingin melakukan perjalanan internasional dari Inggris dapat melakukannya dengan alasan terbatas termasuk pekerjaan, pendidikan, atau alasan medis.

Bagi yang berniat untuk melakukan perjalanan diharuskan mengisi data pribadi mereka dan mencentang kotak yang menunjukkan tujuan mereka bepergian ke luar negeri di formulir tiga halaman tersebut.

“Polisi telah meningkatkan patroli di pelabuhan dan bandara dalam beberapa pekan terakhir dan akan memiliki kekuasaan untuk meminta para wisatawan untuk menunjukkan formulir yang sudah diisi mulai Senin,” kata Departemen Transportasi.

Baca juga: Ada Bukit Buatan di Kota London, Seperti Apa Ya Bentuknya?

Denda £200 mengancam siapapun yang ditemukan berusaha melakukan perjalanan tanpa alasan yang sah. Mereka akan diminta untuk kembali ke rumah dan dapat dikenai hukuman tambahan karena melanggar aturan tinggal di rumah.

Hari libur asing bagi orang-orang di Inggris tidak akan diizinkan sebelum 17 Mei berdasarkan peta jalan Boris Johnson untuk mengurangi pembatasan penguncian virus corona.

Setelah pengumuman Johnson, maskapai easyJet, Ryanair, Tui, dan Thomas Cook melaporkan lonjakan pemesanan ke tujuan termasuk Spanyol dan Yunani, dengan orang-orang berharap perjalanan dapat dilanjutkan pada bulan Mei nanti.

Kenaikan tersebut didukung saham di maskapai penerbangan dan perusahaan perjalanan pada hari Selasa. EasyJet dan Tui termasuk di antara anak tangga teratas di FTSE 250, masing-masing naik 7% dan 3%. Di FTSE 100, pemilik British Airways, International Airlines Group, naik 3,5%.

Perjalanan domestik juga mendapat dorongan. Data dari penyedia teknologi hotel Avvio menunjukkan peningkatan 38% lebih lanjut dalam nilai pemesanan musim panas di hotel-hotel Inggris dan akomodasi mandiri sejak pengumuman tersebut, dibandingkan dengan hari sebelumnya.

 ilustrasi

Dikatakan pasar liburan kelas atas Inggris sedang booming, dengan pendapatan untuk hotel bintang empat dan lima naik 350% di bulan Agustus dari tahun lalu.

Akomodasi mandiri di Inggris dapat dibuka mulai 12 April di bawah peta jalan dengan kemungkinan hotel dibuka mulai 17 Mei.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini