6 Oleh-Oleh Khas Malang Paling Dicari Wisatawan

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 301 2375345 6-oleh-oleh-khas-malang-paling-dicari-wisatawan-cR20B7OwTZ.jpg Strudel Malang. (Foto: Instagram strudelmalang)

OLEH-OLEH khas Malang identik dengan apel. Selain buah apel, banyak juga olahan apel Malang, mulai dari jenang hingga strudel yang terkenal 

Meski banyak oleh-oleh khas Malang yang terbuat dari apel, mempunyai rasa bervariasi yang enak. Tak jarang wisatawan memborong untuk dibawa pulang usai liburan.

Nah, apa saja sih oleh-oleh khas Malang yang paling dicari wisatawan? Simak daftar lengkapnya berikut ini, seperti dirangkum Selasa (10/3/2021).

Apel Malang

 Apel

Oleh-oleh khas Malang di urutan pertama adalah apel Malang. Ini menjadi oleh-oleh yang sangat populer di Kota Malang. Bahkan, saking identiknya Malang dengan buah tersebut, tempat ini dijuluki sebagai Kota Apel. Berbeda dengan jenis lainnya, apel Malang hanya ditanam di Indonesia.

Buah yang satu ini tumbuh bagus di Malang, tepatnya di Kota Batu, karena cuacanya yang dingin, sehingga memproduksi buah apel berkualitas, baik dari segi bentuk, hingga segi rasa.  Nah, apel Malang tidak hanya oleh-oleh yang enak, tetapi juga sehat!

Keripik apel

Masih berkaitan dengan apel, oleh-oleh satu ini cocok bagi Anda yang tak mau kerepotan membawa oleh-oleh berupa buah yang cenderung berat. Sesuai namanya, keripik apel adalah keripik hasil olahan buah apel yang digoreng dengan cara khusus.

Selain keripik apel, banyak pula keripik yang berasal dari buah-buahan seperti nangka, salak, kelengkeng, rambutan, dan masih banyak lagi. Oleh-oleh khas Malang ini juga mudah ditemui di pusat atau sentra yang khusus menjual buah tangan.

Sari apel

Karena Kota Malang identik dengan buah apel yang berlimpah, banyak warganya yang mengolah buah tersebut sebagai minuman. Mulai dari jus hingga minuman sari apel. 

Sesuai namanya, minuman ini terbuat dari sari apel. Namun di antara banyak produsen sari apel, ada beberapa yang menambahkannya dengan pemanis atau gula tambahan. Sebaiknya, pilih lah sari apel yang murni.

Strudel

 Strudel

Selanjutnya ada strudel, oleh-oleh khas Malang yang masih berkaitan dengan buah apel. Strudel merupakan makanan sejenis kue atau pastri berlapis yang biasanya diisi dengan manisan. Isinya itu bisa berupa buah, salah satunya apel.

Selain apel, isian strudel bermacam-macam, mulai buah pisang, strawberry, nanas, dan campuran buah-buahan, sehingga menghasilkan rasa manis. Anda bisa membeli strudel di tempat-tempat yang menjual oleh-oleh atau langsung ke toko strudel.

Jenang apel

Jenang apel juga kerap diburu wisatawan.  Jenang sendiri merupakan jajanan tradisional seperti dodol. Sesuai namanya, jenang apel terbuat dari serat apel Malang yang khas. Rasa jenang apel sendiri manis, legit, dan ada rasa buah apelnya.

Untuk membelinya, jenang apel bisa Anda temui di pusat oleh-oleh Malang yang berada di Kota Batu.

Keripik tempe

Selain apel, Malang rupanya juga kota penghasil tempe yang berkualitas. Tempe Malang ini diolah salah satunya sebagai keripik yang renyah. Selain renyah, keripik tempe ini juga gurih dengan dibumbui beragam rasa. Mulai dari original, pizza, jagung manis, barbeque, dan masih banyak lagi.

Selain itu, oleh-oleh khas Malang ini juga mudah ditemui di pusat atau sentra yang khusus menjual buah tangan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini