Menguak Mitos Misteri Gunung Tangkuban Parahu

MNC Media, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 406 2375417 menguak-mitos-misteri-gunung-tangkuban-parahu-LUo7UTU7My.JPG Kisah Sangkuriang dan Gunung Tangkuban Parahu (Foto: RCTI Plus)

TANGKUBAN Parahu memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, selain itu juga terkenal dengan legenda Sangkuriang. Misteri Gunung Tangkuban Parahu yang sudah lama terkenal sejak dahulu kala di Jawa Barat.

RCTI+ mempersembahkan podcast dokumenter yang bertemakan horor dan menonjolkan sisi kebudayaan bertajuk Podcast Konon Katanya yang dapat didengarkan di aplikasi RCTI+.

Dibuka dengan sedikit cerita asal muasal Tangkuban Parahu, di mana itu merupakan tempat dari legenda Sangkuriang.

Di balik kemegahan dan juga berbagai pesona yang dimilikinya, Gunung Tangkuban Parahu seperti layaknya beberapa gunung lain yang ada di tanah air memiliki mitos yang mungkin lebih jauh di luar jangkauan akal sehat.

Baca juga: Berwisata ke Gunung Tangkuban Parahu, Pas Dikunjungi Bersama Keluarga

Mitos yang paling terkenal tentunya adalah legenda terbentuknya Gunung Tangkuban Parahu, di mana Sangkuriang yang ditolak cintanya oleh sang ibu kandung, Dayang Sumbi.

Namun Podcast Konon Katanya tidak mengusik lebih jauh cerita legenda yang dipercaya turun temurun itu, melainkan coba mencari kebenaran tentang mitos-mitos lain yang terkubur bersama kemegahan gunung milik Pasundan ini. Banyak juga masyarakat yang percaya tentang kekuatan gaib yang dimiliki oleh Gunung Tangkuban Parahu.

Seperti salah satu mitos dari sosok wanita misterius yang kehilangan selendangnya di sekitar kawah Gunung Tangkuban Parahu. Wanita yang dimaksud itu bukan sosok wanita biasa melainkan sosok makhluk astral yang sedang menampakkan dirinya kepada mereka yang sedang datang ke kawah.

Seperti pengakuan dari salah seorang pendaki gunung yang pernah diminta tolong sang wanita astral untuk mencarikan selendangnya tersebut, ketika selendang sudah ditemukan sang wanita justru menghilang secara misterius.

Melalui pengakuan tersebut, kini mitos tersebut beredar dari mulut ke mulut dan diyakini kebenarannya oleh sebagian masyarakat sampai dengan saat ini.

Bukan hanya mitos tentang wanita pencari selendang tersebut, melainkan ada pula mitos manusia berpakaian hitam di sekitaran Gunung Tangkuban Parahu, penasaran dengan mitos tersebut? Langsung dengarkan selengkapnya eksklusif di aplikasi RCTI+.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini