Kereta Gantung di Meksiko Jadi Alat Transportasi bagi Warga Miskin

Natalia Christine, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 406 2375470 kereta-gantung-di-meksiko-jadi-alat-transportasi-bagi-warga-miskin-yai8giNIIh.JPG Kereta gantung di Meksiko jadi alat transportasi (Foto: AP)

MEKSIKO meluncurkan kereta gantung pertama untuk melayani sekira sembilan juta jiwa penduduk miskin di negara itu. Kereta gantung tersebut bakal jadi alat transportasi bagi mereka di pinggir kota.

Peresmian pertama jalur "Cablebus" menandai babak Amerika Latin dengan kereta gantung. Jalur pertama kereta gantung di kota itu dibangun di sisi utara yang sebagian besar warganya miskin.

Kereta gantung dianggap sebagai alat transportasi yang cepat dan ekonomis bagi penduduk yang tinggal di lereng perbukitan.

Pada Juni mendatang, jalur ini akan berjalan hampir 9,2 kilometer (6 mil) dari Cuautepec, lingkungan kelas pekerja di tepi utara kota Meksiko, ke stasiun kereta bawah tanah dan bus terdekat. Jalur yang diresmikan pada Kamis lalu hanya mencakup 1,7 kilometer (1,06 mil) dari rute itu, ke lingkungan Tlalpexco.

Baca juga: 7 Bukit Menawan di Sumba bak Kepingan Surga

Sebelumnya, warga di puncak bukit di Tlalpexco harus menaiki kendaraan penuh sesak, serta van kecil yang berjalan jauh lebih lambat.

Kendaraan sesak tersebut tidak memiliki pemandangan indah seperti yang ditawarkan kereta gantung dari kereta berjendela besar, yang dapat menampung 10 orang sekaligus. Kereta gantung tersebut menggunakan tenaga listrik dan dapat melaju dengan kecepatan 20 kilometer per jam.

"Ada hampir satu juta penduduk yang tinggal di daerah sekitar Cablebus, dan mereka melakukan perjalanan dengan van kecil yang turun melalui jalan-jalan sempit, dan itu mungkin memakan waktu, dari titik tertinggi selama 55 menit atau satu jam,” kata Direktur Transportasi Listrik Kota Meksiko, Guillermo Calderon, menyitir Fox News.

Alat transportasi bus atau kereta bawah tanah hampir mustahil beropersi di lokasi kumuh yang padat, belum lagi medan sulit di sepanjang lereng bukit yang curam. Wali Kota Meksiko, Claudia Sheinbaum mengatakan, jalur kereta gantung kedua saat ini sedang dibangun di wilayah Iztapalapa.

“Memiliki transportasi terbaik untuk bagian termiskin kota mengurangi ketimpangan,” kata Claudia.

Sementara, seorang warga Cuautepec, Evelyn Sánchez mengaku gembira dengan kehadiran kereta gantung itu. Pasalnya, warga sebelumnya membutuhkan waktu cukup lama untuk sampai ke tujuan.

"Dengan kehadiran jalur kereta gantung ini durasi perjalanan jadi jauh lebih cepat," ujar Sanchez.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini