Tak Sembarang Dikunjungi, Perlindungan Cagar Alam Pulau Sempu Diperkuat

Antara, Jurnalis · Kamis 11 Maret 2021 00:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 406 2375672 tak-sembarang-dikunjungi-perlindungan-cagar-alam-pulau-sempu-diperkuat-tdFTBBbaiB.JPG Cagar Alam Pulau Sempu di Kabupaten Malang, Jawa Timur (Foto: Instagram/@estpr)

UPAYA perlindungan flora, fauna dan ekosistem di Cagar Alam Pulau Sempu, Kabupaten Malang terus dilakukan. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh ProFauna Indonesia dengan menggandeng Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur.

Ketua ProFauna Indonesia, Rosek Nursahid mengatakan, kerja sama tersebut diharapkan mampu memperkuat fungsi perlindungan Cagar Alam Pulau Sempu yang selama ini telah dilakukan oleh ProFauna Indonesia, dan Balai Besar KSDA Jawa Timur.

"Dengan penandatanganan kerja sama ini, akan semakin memperkuat fungsi perlindungan di Cagar Alam Pulau Sempu," kata Rosek, Rabu (10/3/2021).

Ia menjelaskan, sejak tahun 1990 ProFauna Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk melakukan upaya perlindungan terhadap Pulau Sempu. Pihaknya lanjut Rosek, juga menggaungkan kampanye untuk menolak Pulau Sempu dijadikan destinasi tujuan wisata.

Baca juga: Intip Keunikan 3 Cagar Biosfer Baru Indonesia yang Ditetapkan UNESCO

Cagar Alam Pulau Sempu yang mempunyai luas 877 hektare tersebut menjadi kawasan suaka alam yang penting, karena memiliki ekosistem, dan spesies yang beragam. Tercatat sedikitnya ada 80 jenis burung dan 300 jenis tumbuhan ada di Cagar Alam Pulau Sempu.

"Sejak tahun 1990, ProFauna Indonesia telah melakukan berbagai kegiatan terkait dengan Cagar Alam Pulau Sempu, termasuk kampanye menolak pulau tersebut dijadikan tujuan wisata," tuturnya.

Salah satu tantangan di Cagar Alam Pulau Sempu lanjutnya ialah masih adanya kegiatan wisata ilegal, meskipun saat ini jumlah wisatawan yang berkunjung di pulau tersebut sudah mengalami penurunan cukup signifikan.

"Menurut peraturan perundangan yang ada, karena statusnya sebagai cagar alam, maka Pulau Sempu peruntukannya bukan untuk wisata," kata Rosek.

Sementara itu, Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI Probolinggo, Mamat Ruhimat menambahkan, kerja sama antara BBKSDA Jawa Timur dan ProFauna Indonesia tersebut diharapkan bisa meningkatkan sinergi dalam upaya untuk melindungi kawasan Pulau Sempu.

"Kami menyambut baik kerja sama ini, karena memang sejak lama antara BKSDA Jatim dan ProFauna terjalin sinergi terkait perlindungan Cagar Alam Pulau Sempu," tuturnya.

Pulau Sempu terletak di wilayah Malang selatan, Jawa Timur, dan merupakan kawasan suaka alam dengan status cagar alam. Penetapan Pulau Sempu sebagai kawasan konservasi alam ditetapkan pada 1928.

Secara administratif Cagar Alam Pulau Sempu terletak di Dusun Sendang Biru, Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pulau Sempu ditetapkan sebagai cagar alam karena memiliki keunikan alam dan kekayaan hayati, yang diperuntukan bagi penelitian dan ilmu pengetahuan.

Di Pulau Sempu terdapat lebih dari 80 spesies burung, diantaranya adalah jenis langka dan dilindungi seperti elang Jawa (Nisaetus bartelsi), elang hitam (Ictinaetus malayanesis), elang laut perut putih (Haliaeetus leucogaster) dan rangkong badak (Buceros rhinoceros).

Keragaman jenis tumbuhan di Pulau Sempu juga terbilang tinggi. Menurut data Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur tahun 2009, terdapat 314 jenis tumbuhan di pulau yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini