GeNose Segera Diterapkan di Kawasan Wisata Sanur

Antara, Jurnalis · Kamis 11 Maret 2021 01:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 406 2375683 genose-segera-diterapkan-di-kawasan-wisata-sanur-d5HQvOX1BL.JPG Pantai Sanur di Kota Denpasar, Bali (Foto: Instagram/@balikare5758)

WALI KOTA Denpasar, IGN Jaya Negara menegaskan bahwa dalam program Free Covid Corridor (FCC), yang salah satunya mewujudkan zona hijau Covid-19 di Sanur, Denpasar, Bali, para wisatawan diwajibkan benar-benar steril atau bebas Covid-19 yang dibuktikan dengan hasil tes usap atau swab antigen dengan hasil negatif.

"Kita melihat begitu itu kawasan hijau, jadi yang masuk ke sana minimal kalau ada tamu harus memenuhi syarat swab atau antigen negatif. Kita harapkan yang datang ke sana yang sudah di-rapid antigen atau swab," kata IGN Jaya Negara saat ditemui dalam pertemuan bersama kepala daerah terpilih di Kantor Ombudsman, Denpasar, Bali, Rabu, 10 maret 2021.

Baca juga: Sandiaga Uno Bahas Travel Corridor Arrangement dengan Wakil Dubes Malaysia

Ia menjelaskan dengan adanya syarat tes cepat antigen dan tes usap Covid-19 ini berarti kawasan wisata di Sanur harus dalam zona hijau dan steril. Selain itu, lanjut Jaya, pihaknya juga berencana menerapkan GeNose di wilayah wisata Sanur yang lebih praktis dan murah.

"Nantinya ada GeNose yang lebih praktis dan murah. GeNose mungkin di pintu-pintu masuk (Sanur) ada, termasuk warga Sanur," jelasnya.

Ia menegaskan bahwa wisatawan yang akan memasuki wilayah Sanur tidak divaksinasi melainkan wajib untuk tes cepat antigen atau tes usap Covid-19.

"Yang jelas sudah bebas Covid swab negatif itu tidak akan divaksinasi cuma bagi ekspatriat di Denpasar agar diusulkan segera divaksinasi," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Bali, Wayan Koster menyebutkan tiga wilayah Bali yaitu Nusa Dua (Kabupaten Badung), Ubud (Kabupaten Gianyar) dan Sanur (Kota Denpasar) ditetapkan sebagai zona hijau bebas Covid-19 untuk program Free Covid Corridor (FCC) oleh Menteri Kesehatan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ke depannya pada tiga wilayah tersebut akan dilakukan vaksinasi secara menyeluruh sehingga membentuk zona sehat dan terbebas dari Covid-19. Ia menegaskan bahwa Bupati Gianyar, Bupati Badung dan Wali Kota Denpasar sebagai penanggung jawab pelaksanaan di lapangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini