Wisata Candi Arjuna, Destinasi Wajib Bila Liburan ke Dieng

Natalia Christine, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 408 2375334 wisata-candi-arjuna-destinasi-wajib-bila-liburan-ke-dieng-y2igeChbGV.jpg Kompleks Candi Arjuna. (Foto: Okezone)

WISATA Candi Arjuna salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat liburan ke Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Candi peninggalan Hindu ini berdiri megah dan indah, yang membuat banyak wisatawan kagum.

Candi Arjuna diperkirakan telah ada pada abad ke-8 Masehi oleh Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno. Awal mula ditemukan oleh tentara Belanda Thedorf Van Elf pada tahun 1814, candi ini terendam di dalam rawa.

40 tahun kemudian HC Cornelius melakukan perbaikan. Rawa tersebut dikeringkan dan dan mulai dilakukan restorasi.

 Candi

Setelah itu, J Van Kirnsberg dengan bantuan pemerintah Kolonial Belanda melanjutkan perbaikan yang telah dilakukan oleh Cornelius.

Komplek Candi Arjuna memiliki lima bangunan candi dengan luas kurang lebih satu hektar. Candi candi tersebut ialah Candi Srikandi, Candi Semar, Candi Puntadewa, Candi Sembadra, dan Candi Arjuna.

Bangunan Candi Arjuna memiliki atap berbentuk seperti piramida, yang mengerucut dengan ukuran lebih tinggi. Bagian sudut atap terdapat hiasan seperti bentuk mahkota bulat dengan ujung runcing.

Lalu, terdapat ruang menaruh sesaji atau disebut yoni yang berbentuk segi empat mirip seperti meja. Di bagian atas terdapat lubang untuk menampung air dari atap candi yang berbentuk segi empat.

 

Kini bangunan bersejarah tersebut telah dikelola dan dijadikan tempat wisata. Banyak traveler yang datang untuk berwisata, berfoto, dan belajar sejarah.

Bagi Anda yang ingin berwisata dapat berkunjung mulai pukul 07.00 hingga 17.00 dengan tarif Rp 5.000.

Berkunjung ke Candi Arjuna paling tepat adalah pagi dan sore hari. Selain sepi wisatawan, cuaca pun sangat mendukung.

Jika wisatawan ingin berkunjung ke Candi Arjuna di era pandemi, maka jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Ketika berwisata, Anda wajib memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan hingga menjauhi kerumunan.

“Selamat sore semuanya! Di manapun kalian berada, jangan lupa tetap selalu patuhi Protokol kesehatan ya guys! Lokasi : Kawasan Candi Arjuna,” dikutip Okezone dari postingan akun instagram milik @instawonosoboku.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini