Kemendikbud Diminta Turun Tangan Benahi Museum Purbakala Patiayam

Antara, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 406 2376420 kemendikbud-diminta-turun-tangan-benahi-museum-purbakala-patiayam-yrAdyFBb5u.JPG Seorang pengunjung berpose dengan latar fosil gajah purba di Museum Patiayam, Kudus, Jawa Tengah (Foto: Instagram/@dewi_valent)

KETUA Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) turun tangan membenahi Museum Purbakala Patiayam di Desa Terban, Kudus, Jawa Tengah. Museum tersebut saat ini kondisinya mulai memprihatinkan.

Museum Purbakala Patiayam merupakan tempat menyimpan ribuan fosil. Namun, museum berlantai dua itu kondisinya sudah tidak terawat. Tembok bangunan mulai luntur dan lantai museum pun sudah retak-retak.

Baca juga: 5 Museum Beken di Jakarta, Mana Favoritmu?

"Kemendikbud harus peka terhadap kondisi Museum Patiayam. Untuk pembangunan mungkin belum memungkinkan, tapi perawatan harus dilakukan," kata La Nyalla.

Menurut dia, keberadaan museum harus dijaga bagaimana pun caranya. Sebab, museum menjadi sarana pembelajaran khususnya bagi anak-anak untuk mengetahui peninggalan-peninggalan kehidupan zaman purbakala.

"Museum ini memiliki nilai yang sangat luar biasa. Keberadaannya bisa dijadikan tempat belajar, tempat siswa mendapatkan informasi masa lalu, khususnya mengenai peninggalan-peninggalan purbakala," tuturnya.

Museum Purbakala Patiayam diketahui memiliki puluhan ribu fosil hewan purbakala di kawasan bukit Patiayam.

Di antaranya fosil hewan gajah purba, rusa, hingga hewan laut purbakala. Diperkirakan sekitar 10 ribu lebih fosil yang ditemukan.

Namun, yang tercatat ada delapan ribu fosil dan teridentifikasi dalam inventarisasi fosil sebanyak lima ribu.

"Jika dibuat display dan tampilan menarik serta spot-spot kekinian, museum ini bisa memiliki nilai tambah. Bukan tidak mungkin museum ini akan ramai. Bahkan museum ini bisa dijadikan sebagai wisata edukasi dengan merangkul pihak sekolah," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini