Sandiaga Uno: Toilet Miliki Peran Penting Sebagai Indikator Pariwisata

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 14 Maret 2021 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 14 406 2377521 sandiaga-uno-toilet-miliki-peran-penting-sebagai-indikator-pariwisata-5nairky7gI.jpg Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram sandiuno)

PERAN komunitas dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air sangat dibutuhkan. Salah satunya Satgas Jamban Jateng-DIY, yang aktif melakukan revitalisasi toilet di destinasi wisata.

Komunitas yang diketuai Pujo Priyono itu sebelumnya telah melakukan kegiatan revitalisasi toilet di kawasan wisata Dieng. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi inisasi tersebut.

Sandi menjelaskan, toilet memiliki peran penting sebagai indikator pariwisata. Bukan cuma indah, tapi juga kelayakan toiletnya.

Baca Juga: Hujan Deras Guyur Pantai Ancol, Petugas Tegur Pengunjung Ancol yang Berkerumun

"Mulai dari air bersihnya lancar, kelengkapan toilet sampai dengan higienitasnya,” kata Sandiaga dalam kunjungan kerjanya ke Yogyakarta beberapa waktu lalu, dikutip dari siaran pers yang diterima MNC Portal, Minggu (14/3/2021).

 toilet

Ia pun mendorong gerakan ini dapat diikuti komunitas di daerah lain, sehingga dapat mengubah pariwisata nasional yang bersih, indah dan nyaman.

"Saya mengajak seluruh masyarakat, khususnya pelaku usaha parekraf untuk sama-sama ikut membentuk Satgas Toilet di destinasi wisatanya masing-masing,” kata Sandiaga.

Sejak ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno memang gencar mensosialisakan isu kebersihan pada sektor pariwisata.

Ia bahkan menjalin kerja sama dengan Asosiasi Toilet Indonesia (ATI), untuk merevitalisasi toilet di tiap destinasi wisata di Indonesia agar memberikan kenyaman pada wisatawan.

Sandiaga Uno mengatakan bahwa kelayakan dan kebersihan toilet di tiap destinasi wisata merupakan salah satu unsur penting.

"Menurut saya senyata-nyatanya kalau kita mau revolusi sektor wisata itu harus dimulai dari toilet, karena ini adalah tempat yang tidak bisa kita wakilkan untuk datang," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini