Sungai di Banjarmasin Ini Bakal Disulap Jadi Wahana Bermain

Antara, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 02:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 14 406 2377654 sungai-di-banjarmasin-ini-bakal-disulap-jadi-wahana-bermain-AD4XZBHveh.JPG Plt Kadis PUPR Kota Banjarmasin, Muryanta (Foto: Pemkot Banjarmasin)

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Banjarmasin, Kalimantan Selatan berencana 'menyulap' area Sungai Zafri Zamzam di Banjarmasin Barat menjadi wahana bermain di perairan tersebut.

Kondisi wilayah sungai Zafri Zamzam di jalan Zafri Zamzam saat ini sudah cukup terbuka, namun masih ada beberapa pemukiman warga yamg berdiri di bantaran sungai yang dulunya merupakan kanal banjir peninggalan kolonial Belanda tersebut.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Muryanta mengatakan, pemerintah kota akan membebaskan wilayah bantaran Sungai Zafri Zamzam tersebut dari bangunan warga.

Baca juga: Viral Gunung Emas di Kongo, Pertanda Kiamat?

"Ada sekitar 100 persil bangunan rumah yang akan dibebaskan di wilayah bantaran Sungai Zafri Zamzam," ujarnya.

Menurut dia, jika kondisi wilayah Sungai Zafri Zamzam sudah terbuka tidak ada lagi bangunan warga, maka pemerintah kota sudah merancang membangun taman bermain di sana yang dilengkapi fasilitas sepeda air dan arena bermain keluarga lainnya.

Ia menambahkan, rancangan ini akan mulai diwujudkan pada 2022, khususnya untuk pembebasan lahannya. "Kalau master plan sudah ada untuk pembangunan taman di wilayah tersebut," tutur Muryanta.

Pemkot lanjut Muryanta, ingin membangun objek wisata yang berbasis sungai di wilayah itu untuk objek wisata keluarga di pinggiran kota. Langkah ini kata dia, sebagai upaya menormalisasikan Sungai Zafri Zamzam sebagai usaha antisipasi musibah banjir.

Sebagaimana diketahui, pasca-musibah banjir besar yang melanda ibu kota Provinsi Kalsel ini, pemerintah kota semakin gencar melakukan normalisasi sungai, khususnya kanal-kanal banjir yang dulunya dibangun pada zaman pemerintah kolonial Belanda. Salah satu kanal tersebut ialah Sungai Zafri Zamzam.

"Sekarang ini kita lagi berupaya mengeruk dan melebarkan Sungai Zafri Zamzam. Sungai ini langsung bermuara ke Sungai Barito," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini