Melihat Pesona Pantai Melasti, Tempat untuk Jalani Ritual Nyepi

Gracella Kezia, Jurnalis · Minggu 14 Maret 2021 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 14 408 2377583 melihat-pesona-pantai-melasti-tempat-untuk-jalani-ritual-nyepi-wMISoe2Y2F.jpg Pesona Pantai Melasti. (Foto: Instagram dolgaya.ani)

PADA Minggu (14/3/2021), umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi. Pantai Melasti menjadi salah satu tempat untuk menjalankan ritual Nyepi, yaitu upacara Melasti.

Ya, saat Nyepi, beribadah bukan hanya berdiam diri di rumah serta Pawai Ogoh-Ogoh saja. Namun terdapat ritual hingga berbagai upacara untuk menyongsong Tahun Baru Saka.

Seperti dilakukannya serangkaian upacara Melasti ini. Melasti atau melelasti, berarti menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan.

Baca Juga: Hujan Deras Guyur Pantai Ancol, Petugas Tegur Pengunjung Ancol yang Berkerumun

melasti

(Instagram raz_kind)

Dalam kepercayaan agama mayoritas di Bali ini, sumber Tirta Amerta atau air kehidupan adalah danau dan laut. Oleh karena itu, para penganut agama Hindu berbondong-bondong pergi ke laut maupun danau untuk beribadah.

Salah satu tempatnya ialah Pantai Melasti. Seperti namanya yang diambil dari nama upacara Melasti, pantai ini menjadi tempat para penganut agama Hindu untuk  menjalankan upacara tersebut.

Untuk mencapai pantai yang terletak di Dusa Ungasan Kuta Selatan ini, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dengan menggunakan roda empat. Setelah sampai, medan perjalanan yang harus ditempuh pun tidaklah mudah.

Para wisatawan diharuskan untuk menuruni serta menaiki ratusan anak tangga agar bisa menggapai pantai ini. Tetapi kesulitan itu tidak harus dirasakan lagi karena adanya akses untuk kendaraan yang bisa dilewati para pengunjung untuk sampai di bawah sehingga tidak perlu menggunakan tangga lagi.

Semua perjalanan yang ditempuh pastinya terbayar dengan view cantik yang diberikan oleh pantai ini. Air lautnya yang masih bersih dan bening, menyuguhkan pemandangan ikan-ikan laut secara dekat dan kasat mata.

Selain itu, ciri khas dari pantai ini adalah tembok kembar, bentukan dari tebing tinggi. Lokasi tersebut juga menjadi salah satu spot foto favorit wisatawan nan instagramable.

Selain itu, Anda juga masih bisa merasakan bersihnya pasir putih di sini. Anak-anak akan senang bila diajak main di pantai ini. Duh, makin pengin liburan ke Bali kan?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini