Share

Ketika Sandiaga Uno Kulineran di 5 Destinasi Wisata Prioritas, Makan Apa Aja?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 16 Maret 2021 00:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 301 2378207 ketika-sandiaga-uno-kulineran-di-5-destinasi-wisata-prioritas-makan-apa-aja-9mpRYK75R9.jpg Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram sandiuno)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sering melakukan kunjungan kerja di 5 Destinasi Wisata Super Prioritas. Tak heran bila dirinya doyan kulineran juga.

Hal tersebut disampaikannya saat melakukan Instagram Live bersama Prilly Latuconsina, Minggu 14 Maret 2021. Sandiaga mengatakan bahwa seluruh daerah di Indonesia sejatinya memiliki potensi kuliner yang layak untuk dikembangkan.

Termasuk 5 destinasi super prioritas besutan Presiden Joko Widodo, yakni Danau Toba, Mandalika, Likupang, Borobudur, dan Labuan Bajo.

"Setiap daerah, dari Aceh sampai Papua itu punya keunikan dan kekhasaan produk kulinernya. Kita beruntung bangetlah jadi orang Indonesia," kata Sandiaga Uno.

Untuk Danau Toba sendiri, lanjut Sandiaga, ada 3 varian kuliner yang berhasil mencuri perhatiannya yakni, ikan mas arsik, mie gomak, dan ombusombus.

Baca Juga: Pramugari Cantik Gagal Nikah Gegara Di-PHK hingga Banting Stir Jualan Tahu Goreng

sandi

Masing-masing kuliner memiliki keunikan tersendiri. Misalnya mie gomak. Ia mengatakan hidangan ini sangat cocok bagi para pencinta olahan mie karena rasanya yang gurih dan menggugah selera.

"Nah, ombus ombus itu dessertnya. Itu enak banget," ungkap Sandiaga Uno.

Beralih ke Mandalika. Di daerah ini Sandiaga mengatakan jagoan kulinernya adalah ayam taliwang dan plecing kangkung. Untuk pencinta makanan pedas, pasti akan ketagihan ketika mencicipi rasanya.

Kemudian kuliner khas Borobudur. Para pencinta kuliner Nusantara tentu sudah tidak asing lagi dengan kuliner khas daerah Jawa Tengah ini. Salah satu yang menjadi favorit Sandiaga Uno adalah gudeg. Kebetulan, ia memang sangat menyukai makanan bercitarasa manis ketimbang makanan pedas.

Selanjutnya Labuan Bajo. Anda pasti penasaran, kira-kira kuliner unik apa yang disuguhkan oleh destinasi wisata yang sedang digandrungi oleh kaum milenial ini.

"Kalau di Labuan Bajo itu ada sop ikan kuah asam. Tampilannya seperti tom yam punya Thailand. Warnanya kuning, tapi rasanya benar-benar gurih dan lezat. Sop ikan ini bisa jadi menu andalan Labuan Bajo dan akan kita promosikan," ujar Sandiaga Uno.

Terakhir ada Likupang di Sulawesi Utara. Sandi mengatakan daerah ini memiliki olahan kuliner yang paling pas dengan lidahnya. Mulai dari sambal dabu-dabu, rica-rica, dan seafoodnya.

"Jujur, produk-produk ikannya di sana, dari 5 destinasi Super Prioritas paling cocok dengan lidah saya itu di Likupang. Itu enak banget," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini