Arus Balik Libur Nyepi, Penumpang Tujuan Bali Padati Pelabuhan Ketapang

Eris Utomo, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 09:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 406 2377811 arus-balik-libur-nyepi-penumpang-tujuan-bali-padati-pelabuhan-ketapang-5bbk9IYVN3.JPG Pelabuhan penyeberangan Ketapang, Banyuwangi dipadati penumpang (Foto: iNews TV)

USAI ditutup selama peringatan hari raya Nyepi tahun baru Saka 1943, Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur pada Senin (15/3/2021) pagi kembali dibuka.

Volume kendaraan pada arus balik libur Nyepi tujuan Pulau Bali dan Nusa Tenggara Barat terpantau padat pagi ini.

Area parkir pelabuhan dipadati kendaraan sejak dini hari tadi. Calon penumpang kapal didominasi kendaraan roda empat dan truk eksepedisi bahan makanan pokok.

Baca juga: Turis Wajib Tahu, Ini Larangan-Larangan saat Nyepi di Bali

Atrean panjang kendaraan yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali sudah terlihat di pintu masuk pelabuhan pada Senin dini hari.

Pelabuhan Ketapang

Padatnya volume kendaraan ini terjadi lantaran arus balik libur Nyepi tahun baru Saka 1943 yang rata-rata pemudik dengan kendaraan pribadi ini bersamaan dengan kedatangan armada truk ekspedisi yang mengangkut sembako tujuan Bali.

Tingginya angka calon penumpang kapal hingga mengakibatkan terjadinya penumpukan kendaraan di delapan area parkir Pelabuhan Ketapang.

Seorang calon penumpang, Cicik mengaku sampai harus mengantre berjam-jam untuk bisa masuk ke area pelabuhan.

Untuk mengurai penumpukan kendaraan di area parkir, pihak ASDP Indonesia Ferry Ketapang menyiapkan tujuh dermaga di mana empat dermaga berada di pelabuhan ASDP dan tiga dermaga lainnya di pelabuhan Landing Craft Mesin (LCM)

Pihak pelabuhan juga mengoperasikan sebanyak 32 armada kapal ferry dengan sistem mempercepat bongkar muat kapal.

Arus balik libur Nyepi tujuan Bali melalui pelabuhan penyeberangan Ketapang ini diprediksi masih akan terus terjadi hingga tiga hari ke depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini