Share

Kasus Covid-19 Meningkat, Pelancong ke Kota Ini Wajib Negatif Tes PCR

Elvina Maharani Putri, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 406 2377836 kasus-covid-19-meningkat-pelancong-ke-kota-ini-wajib-negatif-tes-pcr-voCwQYrzIV.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SALAH satu tujuan wisata terpenting di Rajasthan, Udaipur menerapkan aturan baru bagi wisatawan yang mengunjungi kota di sebelah barat laut India itu.

Otoritas setempat telah mengeluarkan kebijakan baru bagi para pelaku pariwisata, meliputi hotel, bandara, dan perusahaan maskapai penerbangan. Langkah itu diambil menyusul peningkatan kasus Covid-19 dalam beberapa hari terakhir.

Udaipur telah memerintahkan para pelancong dari Maharashtra, Madhya Pradesh, Gujarat, Punjab, Kerala, dan Haryana untuk melakukan tes PCR, dan menunjukkan laporan negatif, yang seharusnya tidak lebih dari 72 jam dari waktu kedatangan di kota itu.

Baca juga: Puluhan Ribu Orang Mandi Suci di Sungai Gangga India

Menukil laman Times of India, Udaipur telah memberlakukan pembatasan ini sejak 29 orang dinyatakan positif di daerah Ambamata. 24 dari 29 yang dinyatakan positif adalah siswa dari sekolah tunanetra.

Namun, kabar baiknya adalah dari 105 sampel yang diuji di zona penahanan, hanya 3 yang positif. Administrasi Udaipur pun meminta penduduk untuk tetap tinggal di rumah, para pejabat juga diminta mengatur persediaan komoditas penting, maupun bahan makanan.

Pengelola hotel, operator tur, dan maskapai penerbangan diimbau ekstra hati-hati dalam beberapa hari mendatang saat melakukan kegiatan pariwisata yang bersentuhan langsung dengan pelancong dari negara bagian.

Tak hanya bandara, stasiun kereta api, dan halte bus juga akan dipantau secara ketat di kota itu. Pengunjung bahkan akan langsung disanksi jika kedapatan tidak memakai masker dan menjaga jarak sosial.

Hotel di Kota Udaipur tidak diizinkan menerima pemesanan dan memberikan kamar kepada pengunjung tanpa melihat laporan negatif virus corona melalui tes swab PCR.

"Jika seandainya seseorang berhasil mendapatkan kamar di kota, pemerintah kota telah memerintahkan bahwa hotel perlu melakukan tes untuk tamu tersebut, dan tamu tersebut harus tetap berada di dalam kamar hotel sampai laporan tersebut ternyata negatif. Dalam kasus laporan positif, hotel harus segera melaporkan kasus tersebut ke departemen medis," terang pejabat setempat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini