Share

Toilet Simbol Peradaban Modern, Sandiaga Uno: Kebersihan Sebagian dari Iman

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 406 2377889 toilet-simbol-peradaban-modern-sandiaga-uno-kebersihan-sebagian-dari-iman-Zt7C9P6p1u.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Instagram/@sandiuno)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menekankan pentingnya kebersihan toilet di lokasi wisata. Hal itu disampaikannya dalam sebuah diskusi bertema 'Fasilitas Publik dan Image Pariwisata'.

Sandi mengatakan, pariwisata Indonesia tidak mungkin bisa sukses jika pihak terkait mengabaikan hal-hal paling esensial yakni kebersihan itu sendiri.

"Karena kebersihan adalah sebagian daripada iman. Toilet nyatanya sekarang adalah simbol pelayanan dan peradaban modern. Semakin tinggi peradaban suatu bangsa, semakin nyaman, indah dan bersih toiletnya. Tanpa toilet yang bersih dan berfungsi baik, maka runtuh persepsi kepuasan pelayanan," kata Sandi melalui akun instagramnya, @sandiuno, Senin (15/3/2021).

Baca juga: Sandiaga Uno: Toilet Miliki Peran Penting Sebagai Indikator Pariwisata

Keberadaan toilet yang bersih lanjut Sandi, jelas menjadi faktor yang sangat penting bagi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

"Oleh karena itu, kami telah membentuk satuan tugas (satgas) toilet di sejumlah destinasi wisata di Indonesia. Satu kolaborasi kolosal untuk meningkatkan pariwisata Indonesia, dengan harapan usaha-usaha masyarakat sekitar akan kembali menggeliat, lapangan kerja kembali terbuka," tuturnya.

Sebelumnya, Sandiaga Uno menyebut bahwa toilet berperan penting sebagai indikator pariwisata. Bukan cuma indah, tapi juga kelayakan toiletnya.

Follow Berita Okezone di Google News

"Mulai dari air bersihnya lancar, kelengkapan toilet sampai dengan higienitasnya,” kata Sandiaga dalam kunjungan kerjanya ke Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Ia pun mendorong gerakan ini dapat diikuti komunitas di daerah lain, sehingga dapat mengubah pariwisata nasional yang bersih, indah dan nyaman.

"Saya mengajak seluruh masyarakat, khususnya pelaku usaha parekraf untuk sama-sama ikut membentuk Satgas Toilet di destinasi wisatanya masing-masing,” ujar Sandi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini