Video Dramatis Harimau Sumatera Dilepas ke Alam Liar

Fatha Annisa, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 406 2377999 video-dramatis-harimau-sumatera-dilepas-ke-alam-liar-VUBnWYAYzB.jpg Harimau Suro kembali ke habitat. (Foto: Instagram kementerianlhk)

SEEKOR harimau Sumatera dilepasliarkan pada Sabtu 13 Maret 2021 di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Proses pelepasannya diabadikan dalam sebuah video yang diunggah pada akun Instagram Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dalam postingan terlihat sebuah helikopter dengan kandang besar menggantung di bawahnya. Melihat videonya sangatlah dramatis ketika kandang ditunkan ke hutan.

Kandang tersebut membawa Suro, si harimau Sumatera yang akan dikembalikan ke habitat aslinya. Sesaat kandang sudah mendarat sempurna di daratan, pintu penutup kandang terbuka.

Baca Juga: Pramugari Cantik Heksa Putrie Pose Manja di Kolam Renang, Netizen: Pengen Nafkahi

 

Seekor Harimau Sumatera tampak keluar dari sana. Meskipun perlahan, karena masih merasa asing dengan tempat yang ia lihat, harimau itu akhirnya berlari menjauhi kandang dan masuk lebih dalam ke kawasan Taman Nasional Gunung Leuser.

Suro merupakan Harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae) jantan yang usianya diperkirakan 5 hingga 6 tahun. Diketahui Suro memiliki berat badan kurang lebih 100 kilogram.

Suro dievakuasi beberapa waktu lalu menggunakan perangkap jebak akibat menimbulkan keresahan di Desa Pangkalan Sulampi, Kecamatan Suro Makmur, Kabupaten Aceh Singkil. Ia sempat dititipkan sementara di Balai Besar KSDA Sumatera Utara di Lembaga Konservasi Barumun Nagari WIldlife Sanctuary, Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara guna melakukan observasi lebih lanjut oleh tim medis BKSDA Aceh, FKL, BBKSDA Sumatera Utara, dan Yayasan Persamuhan Bodhicitta Mandala Medan.

Melalui postingannya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengucapkan terima kasih atas semua pihak yang telah mendukung pelepasliaran Suro. KLHK menyampaikan akan terus melakukan upaya guna menangani konflik satwa liar yang ada.

"Atas nama KLHK, saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang mendukung pelepasliaran, yang merupakan bentuk kolaborasi multipihak dalam upaya pelestarian harimau sumatra,” tutur Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH) KLHK Indra Exploitasia, sebagaimana dikutip dari laman Instagram resmi KLHK.

“Melalui UPT Direktorat Jenderal KSDAE, kami terus melakukan upaya mitigasi dan penanganan konflik satwa liar di seluruh wilayah kerjanya, termasuk pelibatan masyarakat dan pemerintah daerah dalam mendukung konservasi satwa liar," sambungnya.

Pelepasliaran itu dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara, Direktorat KKH, BUpati Gayo Lues, Tiger Project UNDP, Wildlife Conservation Society-Indonesia Program (WCS-IP), Forum Konservasi Leuser (FKL), dan Yayasan Persamuhan Bodhicitta Mandala Medan.

“Semoga suro dapat beradaptasi dan berkembang biak ya Sobat Hijau,” KLHK mengungkapkan harapannya.

Kolom komentar postingan itu dipenuhi oleh warganet yang ikut mendoakan Suro dan mengharapkannya akan selalu baik-baik saja. Tidak sedikit juga yang memberikan apresiasi terhadap orang-orang dibalik pelepasan Suro.

“Selamat kembali ke alam, Suro!” tulis @aledyaans.

“Semoga suro sehaaat & punya banyak anak ❤️❤️” tulis @puputriutamii.

“Sehat selalu yg ikut serta dalam pelepasanliar harimau sumatra 🐅🐅🐅” tulis @mafirjatullah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini