Elephant Day, Puluhan Gajah Pesta Buah

Natalia Christine, Jurnalis · Selasa 16 Maret 2021 03:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 406 2378028 elephant-day-puluhan-gajah-pesta-buah-sPN32jHBqm.jpeg Bocah memberi makan gajah di Ayutthaya, Thailand saat memperingati Hari Gajah (Reuters/Bangkok Post)

PULUHAN gajah disuguhi pesta buah-buahan di Ayutthaya, Thailand, pada Sabtu lalu. Kemudian melanjutkan acara tahunan yang telah menjadi daya tarik besar bagi wisatawan, dengan harapan wisatawan segera kembali berkunjung.

Pesta yang diadakan warga Thailand untuk memperingati Hari Gajah (Elephant Day), yang diadakan setiap 13 Maret dengan tujuan merayakan gajah sebagai sumber kebanggaan nasional dan identitas budaya.

Baca juga: Petugas Kebun Binatang Tewas Dihantam Belalai Gajah Berbobot 4 Ton

Sepanjang sejarah Siam dan Thailand, gajah telah digunakan untuk tenaga kerja, transportasi dan simbol kemenangan di medan perang oleh para pejuang dan raja.

“Kami, berharap pemerintah segera membuka negara untuk menyambut turis asing agar bisa mendatangkan pemasukan, sehingga kami bisa membayar makanan gajah dan santunan bagi pengurusnya,” kata Ittipan Kharwlamai, manajer umum Royal Elephant Kraal and Village di Ayutthaya seperti dilansir dari Bangkok Post, Senin (15/3/2021).

Masyarakat juga berharap agar wisatawan membantu mereka dan 3.800 gajah yang dipelihara untuk bertahan hidup.

“Kami berharap wisatawan membantu kami dan 3.800 gajah (peliharaan) untuk bertahan hidup,” katanya.

Baca juga: Wisatawan Asing Bisa Masuk Thailand Tanpa Karantina Mulai Juli 2021

Thailand juga belum mencabut larangan perjalanan yang diberlakukan pada April 2020 untuk mengekang wabah virus corona, dan membuat sebagian besar wisatawan serta investor asing menjauh.

Namun, rencana untuk membuka kembali dilakukan pada Oktober 2021 untuk turis asing yang telah divaksinasi, dimulai dari pulau Phuket dan Koh Samui.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini