Penasaran Berapa Gaji Pramugari Singapore Airlines?

Fatha Annisa, Jurnalis · Selasa 16 Maret 2021 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 406 2378327 penasaran-berapa-gaji-pramugari-singapore-airlines-dRIJNcBgnQ.jpg Pramugari Evrin. (Foto: Instagram yolevrin)

PRAMUGARI merupakan pekerjaan yang punya penghasilan tinggi. Pernah penasaran berapa gaji pramugari, salah satunya maskapai asal Singapura?

Mantan Pramugari Singapore Airlines Yolevrin, buka-bukaan masalah uang yang ia simpan dan berapa gaji yang ia dapatkan. 

Dalam video yang diunggah pada saluran Youtube Yolevrin, mantan pramugari itu mengatakan bahwa pada empat bulan pertama. Tepatnya saat ia masih menjalani training, ia tidak bisa menabung sedikitpun.

Malah, ia meminjam uang pada perusahaan sebesar kurang lebih Rp32 juta untuk memenuhi kebutuhan hidup di Singapura.

Uang tersebut harus dicicil per bulannya sebanyak Rp2 juta, setelah Evrin sudah mulai terbang. Evrin berusaha semaksimal mungkin tidak menggunakan uang tersebut dan hanya memanfaatkan uang gajinya selama masa training.

“Jadi selama empat bulan pertama ini guys, aku tuh gak bisa nabung sama sekali karena memang gaji yang dikasih pas-pasan aja, sesuai sama apa yang aku butuhkan pada saat itu. Tapi, aku sama sekali gak pakai duit yang aku pinjam dari perusahaan,” ujar Evrin.

Di tahun pertama resmi menjadi pramugari, Evrin juga masih belum bisa mengontrol keuangannya. Untuknya, itu hal wajar karena tujuannya menjadi pramugari selain ingin mendapat gaji yang besar, Evrin juga ingin berjalan-jalan dan mencicipi berbagai makanan khas suatu wilayah. Dalam sebulan ia hanya bisa menyisihkan sedikit dari pemasukan total.

 Evrin

“Ya, aku belum bisa nabung terlalu banyak. Cuma waktu itu mungkin ada kali ya sedikit tabungan. Mungkin satu bulan itu aku cuma bisa nabung sekira SGD500. Berarti setiap bulan total yang aku tabungin cuma Rp5 juta gitu, guys,” ungkapnya.

Mulai di tahun kedua dan ketiga, mantan pramugari itu mengaku baru bisa menabung dengan baik. Terlebih saat mendapat motivasi dari salah satu temannya yang pandai menyimpan uang.

“Aku coba, dalam satu bulan aku harus nabung sebanyak SGD2.000 atau Rp20 juta,” kata Evrin.

Di perusahaan maskapainya dulu, Evrin mendapat gaji per minggu. Jadi, ia akan menyimpan seluruh gaji pada minggu pertamanya dan menggunakan gaji pada minggu-minggu berikutnya.

Jika gajinya pada minggu pertama tidak mencapai Rp20 juta, ia akan menyisihkan gajinya di minggu kedua untuk menggenapkan jumlah tabungannya.

Namun, jika gaji di minggu pertamanya berjumlah lebih dari Rp20 juta, Evrin akan tetap menyimpan seluruhnya. Kelebihan uang tersebut hanya akan ia gunakan untuk kebutuhan darurat. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini