Intip Keindahan Masjid Keramat Luar Batang, Tempat Anies Salat Subuh Berjamaah

Rizka Diputra, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 408 2378018 intip-keindahan-masjid-keramat-luar-batang-tempat-anies-salat-subuh-berjamaah-rwbMGoCFeN.JPG Masjid Jami Keramat Luar Batang di Penjaringan, Jakarta Utara (Foto: Instagram/@khote_fadhilah)

MASJID Jami Keramat Luar Batang, di wilayah Penjaringan, Jakarta Utara saat ini sedang direvitalisasi. Masjid tersebut dipersiapkan sebagai salah satu destinasi wisata religi dan budaya di pesisir Jakarta.

Masjid bersejarah ini pun turut menjadi perhatian Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Anies bahkan menyempatkan diri mengikuti salat subuh berjamaah di sana.

Tak hanya itu, Anies juga memastikan revitalisasi masjid berjalan lancar sebagaimana mestinya seraya mendukung bangunan itu menjadi destinasi wisata religi andalan Ibu Kota.

Baca juga: Fakta Menarik Masjid Keramat Luar Batang, Wisata Religi di Pesisir Jakarta

Melalui akun instagramnya @aniesbaswedan, Anies mengungkapkan, Kampung Luar Batang ialah salah satu kampung bersejarah tertua di Jakarta.

Masjid Keramat Luar Batang

(Foto: Instagram/@fsidiq84)

Jantung kehidupan kampung ini tak lain kata Anies ialah Masjid Luar Batang yang didirikan oleh seorang waliyullah asal Hadramaut, Yaman, Habib Husein bin Abubakar Alaydrus pada 1739. Habib Husein sendiri dimakamkan di area kompleks masjid tersebut pada 1756.

Tahun ini, di bawah kepemimpinan Anies, revitalisasi dilakukan kembali, tak hanya masjidnya tapi juga kawasan Luar Batang secara keseluruhan. Revitalisasi tahap pertama (interior masjid) hampir tuntas dan sekarang memasuki tahap kedua, pemasangan kanopi.

Anies Baswedan

(Foto: Instagram/@aniesbaswedan)

Baca juga: Salat Subuh Berjamaah, Anies Tinjau Wajah Baru Masjid Keramat Luar Batang

"Ke depan Kampung Luar Batang akan menjadi salah satu destinasi wisata budaya religi di pesisir Jakarta. Bersama-sama dengan Kampung Akuarium yang juga sedang kita bangun di sebelahnya. Semoga semua berjalan lancar dan kawasan ini bisa makin menarik, makin tumbuh berkembang sebagai salah satu tujuan ziarah yang nyaman dan mengesankan," kata Anies.

Pemprov DKI Jakarta telah menetapkan Masjid Keramat Luar Batang sebagai Masjid Cagar Budaya sejak 1993 dan masuk sebagai salah satu destinasi wisata bahari di Jakarta Utara.

Melansir laman Tourism Jakarta, Masjid Jami Keramat Luar Batang memiliki dua aula besar yakni aula dalam dan aula luar. Masing-masing balai memiliki 12 tiang pancang yang jika dijumlahkan totalnya 24 buah.

Masjid Keramat Luar Batang

(Foto: Instagram/@fadlifadlun)

Filosofi ini menunjukkan jumlah jam dalam sehari, 12 jam pada siang hari dan 12 jam pada malam hari. Selain balai luar terdapat sebuah ruangan yang menjadi lokasi makam Habib Husein dan murid setianya, Haji Abdul Kadir.

Sebelum pembatasan imbas pandemi Covid-19, puluhan bahkan ratusan bus dan ribuan orang setiap harinya berkunjung ke Masjid Keramat Luar batang ini untuk berziarah ke makam Habib Husein bin Abubakar Alaydrus. Sekadar informasi, Masjid Jami Keramat Luar Batang terakhir direnovasi pada 2008 era Gubernur Fauzi Bowo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini