Duh, Nikmatnya Rendang Jengkol Khas Betawi, Ini Dia Resepnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 17 Maret 2021 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 301 2378859 duh-nikmatnya-rendang-jengkol-khas-betawi-ini-dia-resepnya-QHJV6KNzkL.jpg Rendang jengkol. (Foto: Instagram agustialidya88)

RENDANG jengkol khas Betawi selalu menjadi santapan sedap saat makan nasi uduk. Apalagi menu ini pas banget dimasak untuk santap malam.

Tidaklah sulit jika Anda ingin membuat rendang jengkol sendiri di rumah. Anda pun tak perlu khawatir gagal, karena rendang jengkol ini bumbunya sederhana banget.

Dikutip MNC Portal dari akun Instagram @agustialidya88, Rabu (17/3/2021), berikut resep lengkap rendang jengkol yang bisa Anda coba di rumah. Jangan sampai kalap menyantapnya ya. Jengkol punya zat yang kurang baik untuk kesehatan!

Baca Juga: Legitnya Wajik Kuliner Warisan Majapahit, Begini Resep dan Cara Bikinnya

Rendang Jengkol

 rendang

Bahan:

500 gr jengkol tua

1 buah kelapa parut, pisahkan santan kental dan encernya

2 helai daun salam

3 helai daun jeruk

1 batang serai, geprek

3 ruas jari lengkuas, geprek

1 sdt gula pasir

1 sdm garam

1/2 sdt kaldu jamur

Secukupnya minyak goreng

Bahan untuk merebus jengkol:

Air secukupnya

2 sdm kopi bubuk hitam

3 batang serai, geprek

5 helai daun salam

3 helai daun jeruk

1 helai daun kunyit

1 genggam beras

Bumbu halus:

12 siung bawang merah

6 siung bawang putih

15 buah cabe merah

5 buah cabe rawit merah

1 ruas jari kunyit, bakar

1 ruas jari jahe

3 butir kemiri, sangrai

1 sdt merica

1 sdt ketumbar, sangrai

Cara Membuat:

1. Rendam jengkol selama 2 hari dengan air beras, setiap satu hari ganti dengan air beras yg baru yah. Belah dua jengkol, cuci bersih. Kemudian rebus jengkol pertama kali dengan air dan kopi hitam bubuk sampai setengah matang. Kupas kulit arinya lalu cuci bersih. Lalu rebus jengkol untuk kedua kalinya dengan daun salam, daun jeruk, daun kunyit, serai, dan 1 genggam beras sampai jengkol empuk. Cuci bersih kembali, lalu geprek jengkol. sisihkan siap untuk dimasak;

2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas, aduk kembali hingga harum;

3. Masukkan jengkol, santan encer, gula pasir, garam dan kaldu jamur, aduk hingga rata dan tunggu hingga kuah agak menyusut;

4. Tuang santan kental, aduk perlahan sampai mendidih. Koreksi rasa, jika sudah pas kecilkan api masak hingga kuahnya kering dan berminyak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini