Viral Dikaitkan Tanda Kiamat, Tentara Ikut Serbu Gunung Emas di Kongo

Riezky Maulana, Jurnalis · Selasa 16 Maret 2021 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 406 2378531 viral-dikaitkan-tanda-kiamat-tentara-ikut-serbu-gunung-emas-di-kongo-n4P4xJnCwh.JPG Angkatan bersenjata Republik Demokratik Kongo (Foto: Reuters/Kenny Katombe)

DUNIA digegerkan oleh penemuan gunung emas di Republik Demokratik Kongo. Ribuan orang menyerbu gunung yang disebut-sebut memiliki kandungan emas bernilai tinggi. Mereka datang berduyun-duyun ke lokasi untuk mengeruk emas dari sana.

Pemerintah setempat pun mulai kewalahan mengendalikan ribuan manusia yang bergerak ke gunung. Tak hanya warga sipil, angkatan bersenjata Kongo (FARDC) pun sampai ikut menyerbu tempat 'harta karun' itu.

Penemuan gunung emas di desa kecil Luhihi, Provinsi Kivu Selatan, Kongo, negara di Afrika Tengah itu membuat masyarakat setempat mendadak demam emas.

Baca juga: Viral Gunung Emas di Kongo, Pertanda Kiamat?

Tanah di gunung itu diduga mengandung kadar 60-90 persen emas. Demikian laporan BBC seperti dilansir Unilad. Penduduk rela berbondong-bondong datang membawa sekop dan peralatan lainnya, bahkan menggali dengan tangan kosong demi mendapatkan emas.

Warga Serbu Gunung Emas di Kongo

Saat ini, pihak berwenang telah menutup dan melarang penambangan di sana hingga waktu yang belum ditentukan. Menteri Pertambangan Kivu Selatan, Venant Burume Muhigirwa mengimbau penambang, pedagang dan anggota angkatan bersenjata segera meninggalkan lokasi tambang di dalam dan sekitar Luhihi.

Sebelumnya, banyak kalangan muslim di Kongo mengaitkan dengan hadis-hadis tentang akhir zaman, persoalan Sungai Eufrat yang akan menyibakkan gunung emas terus menjadi berbincangan hangat.

Sebagaimana diketahui, umat Islam, wajib hukumnya mengimani apa yang telah disabdakan Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam tentang adanya gunung emas tersebut.

Sebagaimana Nabi Muhammad bersabda yang artinya: “Kiamat tidak akan terjadi sehingga Sungai Eufrat surut dan menyibakkan gunung emas. Di atasnya orang-orang berperang sehingga dari setiap seratus orang akan terbunuh sembilan puluh sembilan. Setiap orang dari mereka mengatakan, 'Mudah-mudahan akulah orang yang selamat itu'.” (HR. Bukhari-Muslim).

Dalam Hadits lain juga disebutkan; “Hampir tiba masanya, Sungai Eufrat surut menyingkapkan pembendaharaan emas. Siapa yang menghadirinya, janganlah mengambilnya sedikitpun,” (HR. Bukhari-Muslim).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini