Pelaku Usaha Pariwisata di Purwakarta Segera Divaksin Covid-19

Antara, Jurnalis · Rabu 17 Maret 2021 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 406 2378926 pelaku-usaha-pariwisata-di-purwakarta-segera-divaksin-covid-19-fnDbOzj0QR.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Jawa Barat, akan melakukan vaksinasi kepada pelaku usaha pariwisata menjelang dibukanya sejumlah tempat wisata di daerah tersebut.

Kabid Pariwisata Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan setempat ,Acep Yulimulya mengatakan, dibukanya sektor wisata bisa menjadi salah satu upaya untuk pemulihan dan pendongkrak perekonomian masyarakat di masa pandemi.

Baca juga: Zona Hijau, Jokowi Harap Ubud-Sanur & Nusa Dua Dibuka Penuh untuk Turis

Namun diakui kalau pembukaan tempat wisata itu tidak bisa begitu saja dilakukan. Artinya perlu persiapan matang. Mengingat, sampai saat ini pandemi masih berlangsung.

"Salah satunya, kita harus mendorong para pelaku usaha pariwisata untuk divaksin. Termasuk, menyiapkan protokol kesehatan," kata dia.

Menurut Acep, khusus untuk pelaku usaha pariwisata pihaknya telah mendorong supaya dilakukan vaksinasi. Hingga saat ini, sudah ada sekitar 115 orang pelaku usaha pariwisata yang telah didaftarkan dan telah mendapatkan vaksin tahap dua.

"Kalau berbicara kebutuhan, kami butuh vaksinasi untuk 500 orang pelaku usaha wisata. Tapi kita baru mendaftarkan 115 orang. Semoga, sisanya bisa diakomodir di tahap berikutnya," sambungnya.

Ia menambahkan, dibukanya destinasi wisata bisa menjadi bagian dari solusi untuk pemulihan ekonomi sesuai yang diamanatkan Keppres Nomor 82 tahun 2020 tentang percepatan pemulihan ekonomi.

"Sebagai langkah antisipasi, setiap hari kami menerjunkan personel untuk monitoring ke seluruh destinasi wisata yang ada. Hal itu, untuk memastikan jika para pengelola wisata sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini