5 Oleh-Oleh Khas Sumedang Ini Wajib Diborong, Nomor 3 Salak Bongkok

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 17 Maret 2021 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 301 2379045 5-oleh-oleh-khas-sumedang-ini-wajib-diborong-nomor-3-salak-bongkok-hlNCx2q9gC.JPG Tahu Sumedang (Foto: Instagram/@tahusmdrenyah)

OLEH-OLEH jadi sesuatu yang biasa dibawakan ketika Anda usai pergi liburan, atau mengunjungi suatu daerah. Misalnya ketika datang ke Sumedang, Jawa Barat terdapat kuliner khas yang bisa dibawa pulang.

Kawasan berjuluk Kota Tahu ini memiliki beragam kuliner khas, yang dapat Anda jadikan oleh-oleh. Dikutip dari channel YouTube Seputar Sumedang, berikut lima di antaranya;

1. Tahu Sumedang

Sama seperti julukannya, Sumedang disebut sebagai Kota Tahu karena tahulah yang jadi makanan favorit dan khas di daerah ini. Tekstur tahunya renyah, tapi di dalamnya kopong. Rasanya juga gurih, apalagi paling pas disantap dengan lontong.

Baca juga: 4 Pose Menggoda Pramugari Heksa Putrie di Pesawat, Netizen: Bening Banget

Di sepanjang jalan Sumedang Anda akan mudah menemukan penjual tahu ini. Biasanya, mereka menjualnya dengan dikemas menggunakan keranjang yang terbuat dari anyaman bambu.

2. Ubi Cilembu

Selanjutnya ada ubi Cilembu, atau disebut juga dengan nama ubi madu. Ya, rasanya manis legit seperti madu. Jenis umbi-umbian ini salah satu oleh-oleh khas Sumedang, lho. Biasanya ubi Cilembu ini dijual satu kios dengan tahu Sumedang, dan oleh-oleh lainnya.

Ubi Cilembu

(Foto: hasil_kebun)

Baca juga: 8 Kuliner Khas Sumedang, Enggak Cuma Tahu Goreng Loh!

3. Salak Bongkok

Salak Bongkok

(Foto: Instagram/@nunnurfajriah)

Kemudian ada salak Bongkok, berasal dari Desa Bongkok, Paseh, Sumedang. Itulah mengapa jenis buah ini dinamakan demikian. Ada yang membedakan salak Bongkok dengan yang lainnya, yakni daging buahnya lebih tebal dan rasanya manis.

4. Sawo Citali

Buah khas Sumedang yang cocok dijadikan oleh-oleh adalah sawo Citali. Berasal dari daerah Desa Sukatali di Kecamatan Situraja, Sumedang.

Sawo Citali

(Foto: Pemkab Sumedang)

Bentuknya cukup berbeda, dan rasanya sangat manis. Selain rasanya yang manis, tekstur daging buahnya pun begitu lembut. Pilihlah sawo bewarna coklat tua, yang berarti sudah matang dan tidak banyak getah.

5. Opak Oded

Jawa Barat dikenal dengan berbagai macam camilan tradisional, salah satunya adalah opak. Nah, Sumedang juga punya opak yang jadi ciri khasnya, yaitu dinamakan opak Oded.

Opak Oded

(Foto: Instagram/@oded_rajanya_opak)

Opak Oded terbuat dari campuran beras ketan dan kelapa, sehingga menciptakan rasa yang gurih. Serta teksturnya pun renyah.

Jika Anda penasaran dengan opak ini, bisa mengunjungi pusat pembuatan opak ketan yang berada di daerah Conggeang dan Cimanggung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini