Bocah Temukan Jimat Patung Usia 2.500 Tahun Berbentuk Wanita Telanjang Dada

Suci Wulandari Putri, Jurnalis · Rabu 17 Maret 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 406 2379096 bocah-temukan-jimat-patung-usia-2-500-tahun-berbentuk-wanita-telanjang-dada-YU1hSYPs3E.JPG Jimat berbentuk patung wanita berkerudung telanjang dada diperkirakan berusia 2.500 tahun (Foto: Israel Antiquities Authority)

ORANG dulu begitu mempercayai hal-hal berbau mitos, termasuk keberadaan jimat. Beragam bentuk jimat dipercaya hampir sebagian masyarakat memiliki aura dan kegunaan tertentu, salah satunya jimat berupa patung kesuburan yang dipercaya dapat melindungi anak dan meningkatkan kesuburan.

Nah, jimat berbentuk patung kesuburan ini ditemukan seorang bocah laki-laki berusia 11 tahun yang berasal dari kota selatan Bersyeba, Zvi Ben-David, Israel.

Ia menemukan patung tersebut secara tidak sengaja saat dalam perjalanan keluarga ke Nahal Habesor, di selatan Israel beberapa pekan lalu. Sang ibu yang juga seorang pemandu wisata profesional menyadari hal tersebut dan menghubungi Israels Antiquities Authority (IAA).

Baca juga: Ketiduran di Pesawat, Penumpang Ini Malah Didenda Rp3,6 Miliar

Otoritas Barang Antik Israel mengumumkan bahwa patung yang ditemukan Zvi tersebut merupakan benda langka yang diperkirakan sudah ada sekitar 2.500 tahun lampau.

Para ahli mengatakan, adanya jimat tersebut dapat memberikan harapan di tengah tingginya angka kematian bayi dan tidak ada perawatan kesuburan tanpa adanya obat-obatan yang canggih.

Oren Shmueli, seorang arkeolog distrik di barat Negev dan Debbie Ben Ami, kurator zaman besi dan periode Persia di IAA mengatakan, patung itu hanya berukuran beberapa centimeter yang dibuat dalam cetakan. Patung itu berbentuk wanita bertelanjang dada mengenakan kerudung.

Shmueli dan Ben Ami menyebut patung tembikar bertelanjang dada dikenal dari berbagai periode di Israel. Patung itu biasa terdapat di rumah dan dalam kehidupan sehari-hari, dan menurut mereka patung tersebut berfungsi sebagai jimat untuk memastikan keberuntungan dan kemakmuran.

“Patung yang ditemukan Zvi itu langka dan hanya satu contoh yang ada di koleksi National Treasures. Itu mungkin digunakan pada abad keenam-kelima SM, pada akhir zaman besi atau pada periode Persia,” kata mereka seperti diwartakan Times of Israel.

Pihak berwenang menyebut bahwa patung langka ini hanya ada satu yang serupa. Sebelumnya juga pernah ditemukan di Gurun Negec utara, dan saat ini tersimpan sebagai koleksi harta karun nasional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini